Persiapan Menyambut Mahasantri Baru, Civitas Ma’had Sunan Ampel al-Aly UIN Malang Gelar Roan Akbar

On 09/08/2024 by Kholil Rohman

MSAA Pos – Dalam rangka persiapan menyambut kedatangan mahasiswa baru UIN Malang tahun akademik 2024-2025, seluruh civitas Ma’had Sunan Ampel al-Aly (MSAA) UIN Malang gelar roan bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at (9) Agustus di seluruh lingkungan Ma’had.

Adapun peserta roan akbar terdiri dari kalangan musyrif/ah, murabbi/ah, serta jajaran staf Ma’had. Pembersihan lingkungan Ma’had tersebut juga termasuk area seluruh mabna, mulai dari mabna putra paling ujung (Al-Farabi) sampai mabna paling selatan (Khadijah Al-Kubra).

Tak cukup sampai di situ, seluruh musyrif juga ikut membantu memindahkan dipan kayu yang sudah tidak terpakai tahun ini. Mengingat fasilitas Ma’had tahun ini sudah diperbaharui sebagai bentuk peningkatan layanan fasilitas kepada mahasantri.

Lebih jauh lagi, tujuan utama kegiatan roan akbar itu ialah memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh mahasantri yang datang dari pelbagai penjuru Nusantara, utamanya dari sisi kenyamanan lingkungan.

Selain itu, penyambutan kedatangan mahasantri baru yang akan berlangsung selama empat hari (12-15) Agustus memerlukan banyak persiapan lainnya. Baik dari sisi pelayanan akademik dan non akademik. Hal tersebut sudah dilaksanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Masih tentang roan akbar, Murabbi Divisi kesantrian, Baihaqi Mubarok, M.Hum menyampaikan kesan dan harapan atas terselenggaranya kegiatan roan akbar.

“Saya selaku divisi kesantrian pastinya turut bangga dan terharu atas semangat para musyrif dalam melaksanakan roan hari ini, terlebih dalam merapikan dipan dan lemari kayu bekas untuk memperindah lokasi wajah Mabna yang mana bisa memberikan kenyamanan yang lebih kepada calon Mahasiswa Baru UIN atau biasa kita kenal dengan sebutan Mahasantri. Karena, jika Mahasantri bahagia dan senang maka kami akan lebih semangat,” ujar Murabbi asal Pasuruan itu.

“Selain itu, saya harap juga sarana prasarana yang telah disediakan bisa digunakan dengan baik dan maksimal demi terwujudnya kegiatan Ma’had yang positif dan produktif,” tandasnya.

Roan akbar ditutup dengan sesi ramah tamah ala pondok pesantren, dimana seluruh musyrif makan panjang bersama guna memperkuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan MSAA masa jihad 2024-2025.

Leave a Reply