SEMARAK PENUTUPAN SOSIALISASI MANASIK HAJI 2017/2018

On 09/10/2017 by admin

Sorak sorai teriakan semangat bergemuruh dilapangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jum’at pagi kemarin (06/10).  Ribuan Mahasantri dengan berbagai macam warna identitas mabna memadati setiap sudut lapangan semenjak pukul 05.15 WIB. Pagi itu merupakan momen yang mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi para mahasantri di Pusat Ma’had Al-jami’ah. Pasalnya, jum’at itu digelar acara penutupan Sosialisasi Manasik Haji bagi Mahasantri, juga pengunguman pemenang perlombaan Manasik Haji yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya, pada hari sabtu (30/09)

Kegiatan yang dikonsep secara sederhana namun meriah tersebut, turut mengundang seluruh Dewan Pengasuh yang ada di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali. Selain itu hadir pula wakil rektor tiga bidang kemahasiswaan, Dr. KH. Isroqunnajah yang sekaligus memberikan sambutan serta selamat kepada semua partisipan dalam perhelatan Sosialisasi Manasik Haji kepada Mahasantri tahun 2017-2018. Ditengah-tengah sambutannya, Gus Is juga menyisipkan do’a agar seluruh peserta yang menghadiri acara penutupan tersebut dapat berangkat bersama dengan keluarga nantinya ke Baitullah, yang langsung disambut gemuruh mahasantri mengamini.

Acara yang telah banyak menyita perhatian seluruh sivitas akademika Pusat Ma’had Al-Jami’ah tersebut adalah salah satu kegiatan akbar yang diadakan setiap tahunnya. Selain itu, perhelatan Sosialisasi Manasik Haji ini juga merupakan satu-satunya perlombaan yang diikuti oleh seluruh Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Ali secara keseluruhan. Tidak heran jika antusiasme para peserta begitu besar dalam mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah dimulai semenjak awal bulan September lalu.

Akhirnya, penutupan kegiatan sosialisasi manasik haji tersebut menjadikan mabna Al-Ghazali sebagai juara 1, mabna Ibn Rusyd sebagai juara 2, mabna Al-Faraby sebagai juara terfavorit, mabna Ibn sina sebagai yang terkompak, dan Ibn Khaldun menjadi yang terkhitmad. Selanjutnya mabna Asma’ Binti Abi Bakar sebagai juara 1 putri, disusul mabna Fatimah Az-Zahra sebagai juara 2, mabna Khadijah Al-Kubra menjadi yang terfavorit, mabna Ummu Salamah meraih yang terkompak, dan mabna Ar-Razi mendapatkan kategori terkhitmad.(FaE)

Leave a Reply