Kegiatan Taklim Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Resmi Dibuka

On 20/02/2024 by Kholil Rohman

MSAA Pos: Bertempat di gedung Sport Center (SC), pembukaan kegiatan taklim Ma’had semeser genap dilaksanakan pada hari senin (19) kemarin. Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 19.30 dan berakhir pada 22.00 WIB. Tak lupa juga turut hadir dalam acara, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag sebagai Wakil Rektor I bidang akademik.

Sebelum acara dimulai, seluruh mahasantri, musyrif/ah, murabbi/ah, jajaran pengasuh, beserta muallim/ah membaca istighasah terlebih dahulu. Pembacaan tersebut dipimpin oleh Moh. Rafi Irvanul Faza dan Muhammad Fikri Fadli selaku takmir Masjid At-tarbiyah.

Di sesi selanjutnya, kegiatan pembukaan taklim dipandu oleh Alfan Fahrizal (musyrif mabna Ibn Sina) dan Ida Masayu Putri (musyrifah mabna FAZA). Acara pun meriah dan mendapat antusias yang sangat luar biasa dari mahasantri dan seluruh hadirin.

Setelah melalui acara pembukaan, pembacaan ayat suci Al-qur’an, dan menyanyikan lagu indonesia raya, acara berlanjut pada sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh mudir MSAA, Dr. K. Ahmad Izzuddin, M.HI yang kemudian disusul Warek I.

Dalam sambutan mudir, Yai Izzuddin menyampaikan dua poin besar perihal kedatangan mahasantri sekaligus kewajiban mereka selama beberapa bulan ke depan.

“Alhamdulillah, seluruh mahasantri hadir kegiatan dengan riang gembira. Selamat datang kepada seluruh mahasantri setelah selama dua bulan kembali ke rumah masing-masing. Ke depan, kewajiban akademik diselesaikan dengan tuntas. Di bulan Juni bisa berdiri tegak dengan mengambil ijazah,” paparnya.

Sementara itu, di sambutan kedua, Umi Sumbulah menyampaikan bagaimana distingsi UIN Malang dibanding perguruan tinggi lain. Hal itu pula yang seharusnya menjadi kebanggan bagi seluruh mahasantri MSAA UIN Malang.

“Kampus kita memiliki beberapa distingsi dibanding perguruan tinggi lain. Diantaranya ialah Integrasi perguruan tinggi dan ma’had, integrasi keilmuan antara sains dan agama, juga ada pengembangan bahasa arab/inggris,” jelasnya.

“Ke depan, kampus akan menambah dua fakultas. Yakni fakultas ushuluddin dan fakultas teknik. Ini merupakan bagian dari pengembangan kampus yang terus diusahakan dari waktu ke waktu. Terakhir, mudah-mudahan acara kita malam ini bisa meningkatkan semangat belajar dan mengantarkan pada mahasiswa yang memiliki kedalaman spiritual dan keagungan akhlak. Sehingga, nantinya mahasantri MSAA menjadi intelektual yang ulama, ulama yang intelek,” tegasnya.

Selain memberikan sambutan, Umi Sumbulah juga yang membuka kegiatan taklim Ma’had secara simbolis melalui pemukulan gong. Pembukaan kegiatan tersebut mendapat respon positif dan antusias yang begitu tinggi dari seluruh hadirin

Sebagai informasi, pada acara pembukaan kegiatan taklim juga disampaikan tentang mahasantri-mahasantri teladan pada semester gasal kemarin. Penentuan mahasantri terbaik tentunya melalui akumulasi nilai dan keaktifan selama berada di mabna.

Adapun mahasantri putra terbaik semester gasal MSAA UIN Malang terdiri dari Muhammad Naja Ramdani (mabna Ibn Khaldun) di posisi ketiga, Muhammad Defry Aditama (mabna Al-Ghazali) di posisi kedua, dan Muhammad Naufal Dwi Afandi (mabna Ar-Razi) di posisi pertama.

Sementara dari mahasantri putri terdiri dari Yustira Nurfadilah (mabna FAZA) di posisi ketiga, Arifah Syafa’ati (mabna ABA) di posisi kedua, dan Adinda Putri Ingghilla (mabna FAZA) di posisi pertama.

Pemberian apresiasi mahasantri teladan diberikan langsung oleh Umi Sumbulah, termasuk kategori mabna dengan persentase tertinggi dalam kegiatan taklim selama satu semester kemarin.

Leave a Reply