Sambut Semester Genap, MSAA UIN Malang Gelar Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pembelajaran dan Program Ma’had

On 08/02/2024 by Kholil Rohman

MSAA Pos – Dalam rangka persiapan kegiatan Ma’had semester genap, Ma’had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA) UIN Malang gelar kegiatan sosialisasi kurikulum pembelajaran dan program Ma’had tahun 2024. Kegiatan itu dilaksanakan pada selasa (7) kemarin bertempat di Aria Hotel.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mudir Ma’had, segenap pengasuh, jajaran staf, dan murabbi/ah. Tak lupa juga hadir kabag akademik UIN Malang, Imam Ahmad, M.Ag dan kabag kemahasiswaan, Dr. Romli Faslah, M.Pd. Kehadiran keduanya sebagai bentuk penguatan kolaborasi antara Ma’had dan Kampus.

Dipandu Baihaqi Mubarok, M.Hum dan Liwa Urrohmah, S.Pd, S.Ag, acara berjalan khidmat dan tertib. Bermula pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan senandung MSAA, sambutan dari mudir Ma’had, kemudian ditutup dan memasuki acara inti.

Dalam sambutannya, Dr. K. Ahmad Izzuddin, M.HI menyampaikan tujuan dari terselenggaranya acara tersebut. “Acara ini dalam rangka mengecek kesiapan sekaligus merefleksi kembali kurikulum kita yang sudah berusia 24 tahun. Mencoba untuk evaluasi dan monitoring. Apakah ada perbaikan atau pengembangan-pengembangan ke depan. Tentunya ini perlu kita pikirkan bersama. Sisi mana yang perlu kita mantapkan. Mari kita pikirkan bersama. Supaya ke depan kita punya pandangan untuk menjawab tantangan ke depan” ucapnya.

“Ke depan, kita akan kedatangan mahasiswa yang berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Mengingat ada jurusan baru juga. Jangan sampai kita dianggap berdiri sendiri oleh jurusan atau fakultas yang ada. Jadi mereka harus bekerjasama dengan kita” tambahnya.

Secara umum, kegiatan sosialisasi kurikulum ini juga berisi evaluasi kegiatan akademik tahun sebelumnya, program yang akan dilaksanakan di semester depan, dan beberapa tawaran inovasi yang akan diterapkan.

Selanjutnya, wakil Direktur Bidang Akademik Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd memberikan pengantar seputat kegiatan akademik yang akan dilaksanakan, khususnya yang berhubungan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang direncanakan di Ma’had.

Kemudian disusul penyampaikan materi oleh koordinator bidang taklim afkar Dr. KH. Syuhadak, M.A, bidang ubudiyah Dr. KH. Aunul Hakim, M.HI, bidang kebahasaan Prof. Dr. KH. Wildana Wargadinata, Lc, M.Ag dan Ghufron Hambali, M.HI, bidang Kerumahtanggaan, Kebersihan dan Olahraga (K3O) oleh Dr. Hj. Sulalah, M.Ag, dan bidang keadaan oleh Fahmi Shofrillah, S.H.

Terakhir, kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. KH. Aunul Hakim, M.HI, kemudian diikuti dengan sesi dokumentasi.

Leave a Reply