PENUTUPAN TA’ARUF MA’HADY: MOMEN LAUNCHING MA’HAD AL-JAMI’AH AL-ALY

On 28/08/2019 by admin

Jurnalis MSAA, Ta’aruf Ma’hady merupakan kegiatan pengenalan budaya ke-ma’had-an bagi mahasantri baru di MSAA (Ma’had Sunan Ampel Al-Aly), Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Agenda ta’aruf ini dimulai pada hari Senin, 19 Agustus 2019 dan diakhiri pada malam hari esoknya: Selasa 20 Agustus 2019. Para mahasantri baru sangat antusias dalam menyemarakkan kegiatan ini. Karena selain mengenalkan tentang ma’had dan komponennya, para mahasantri juga bisa saling mengenal satu sama lain dengan teman satu mabna ataupun beda mabna.

Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly tidak mau kehilangan momen yang berharga ini. Para mahasantri, baik yang kelas 1 (sebutan untuk generasi kedua) maupun kelas 2 (sebutan untuk generasi pertama) telah sepakat untuk me-launching­ program Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly dalam acara penutupan ta’aruf ini. Hal ini tentu diselenggarakan atas dawuh dari Mudirul Ma’had, Dr. KH. Ahmad Muzakki, M.A. Mengapa ketika acara ta’aruf? Selain karena dihadiri para tokoh, seperti Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Pd, dan juga para dewan pengasuh, launching ini bertujuan untuk memberi pengenalan kepada mahasantri baru MSAA yang ingin memperdalam keilmuan agama mereka, utamanya dalam ilmu fiqih usai lulus dari ma’had nantinya.

Mengutip sebuah kalam hikmah dari bait al-Hikam, مَنْ أَشْرَقَتْ بِدَايَتُهُ أَشْرَقَتْ نِهَايَتُهُ “siapa yang bersinar diawal, akan bersinar pula di akhir”. Jika kita fahami secara konteks, maka maksudnya bahwa demi memperoleh sebuah cahaya yang dapat menyinari orang lain, maka harus diawali dengan langkah yang bersinar pula. Oleh karena itu, launching ini menjadi hal yang paling urgen untuk eksistensi Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly kedepannya. Meskipun dikemas dalam konsep yang sederhana, para mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly tidak ingin mengecewakan Kyai Muzakki. Jauh-jauh hari sebelum acara ini, mereka telah mempersiapkan video pengenalan Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly, dan tim paduan suara yang membawakan lagu Mars Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly pun tidak kalah semangat untuk menampilkan yang terbaik. Tim paduan suara ini berlatih setiap malam selama kurang lebih satu minggu untuk mempersiapkan tampilan mereka.

Akhirnya, launching Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly dalam kegiatan Ta’auf Ma’hady mahasantri baru MSAA, Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses menyita perhatian dari Rektor, Dewan Pengasuh, Murobbi-Murobbiyah, serta Musyrif-Musyrifah dan tentunya para Mahasantri baru. Harapan kedepannya, Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly dapat terus eksis dalam kegiatan keagamaan dan mampu mencetak Ulama’-Intelektual sesuai dengan visi dari kampus Ulul Albab tercinta ini. (Lilik Iswanti)

Leave a Reply