PSDM Musyrif/ah Mencetak Generasi Millenial dengan Mengembangkan Potensi Diri Wujudkan Kreatif, Inovatif, dan Dedikatif

On 16/07/2019 by admin

Jurnalis Ma’had – Setelah dilaksanakannya acara PSDM Murabbi/ah selama 1 hari full, dengan sistem Focus Group Discutions (FGD) membahas program-program yang ada di masing-masing devisi. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan pembentukan panitia PSDM Musyrif/ah, acara PSDM Musyrif/ah tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini PSDM Musyrif/ah melanjutkan hasil follow up dari PSDM Musabbi/ah yang mengfokuskan pada evaluasi dan monitoring yang dikemas dengan melakukan (FGD) di masing–masing devisi yang dampingi oleh murabbi/ah.

Pada acara PSDM Musyrif/ah menekankan pada evaluasi tahun sebelumnya terkait pembelajaran dan kegiatan yang ada di Pusat Ma’had Al-Jami’ah, yang nantinya akan menjadi dasar rekomendasi untuk penataan sistem pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Rekomendasi dari masing-masing devisi yang disampaikan sebagai bahan acuan untuk mengurangi kelemahan dan kesalahan dalam proses kegiatan yang ada di Pusat Ma’had Al-Jami’ah.

Peserta PSDM Musyrif/ah tahun ini sejumlah 311 peserta, dari 756 calon musyrif/ah yang mendaftar. Musyrif/ah sangat antusias dalam mengikuti PSDM Musyrif/ah yang dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 10-11 Juli 2019. Ketua PSDM Musyrif/ah pada tahun ini diamanahkan kepada ust. Agus Hendri S.Si yang beliau juga menjabat sebagai Murabbi mabna al Muhashibi yang merupakan mabna baru pada tahun 2019.

Pesan ketua PSDM Musyrif/ah 2019 nantinya mengharap bahwa dengan terselenggarahnya acara PSDM ini mampu memberi semangat baru dalam mengembangkan dan mewujudkan MSAA kedepan menjadi lebih maju lagi, sesuai dengan tema PSDM untuk mewujudkan musyrif/ah yang Kreatif, Inovatif, dan Dedikatif.

Dalam pelaksanaan PSDM Musyrif/ah 2019 beberapa materi yang diberikan kepada Musyrif/ah yakni Pengetahuan tentang Islam Nusantara yang di sampaikan oleh Mudir Ma’had : Dr. Kyai Akhmad Muzakki M.A, dilanjutkan FGD dan materi pola pendampingan Mahasantri beserta problem solvingnya oleh Muallifah S.Psi, MA, kemudian materi terakhir tentang sistem Ta’lim Ma’hady di Pusat Ma’had Al-Jami’ah oleh Salman Farisi S.Pd dalam serangkaian PSDM musyrif/ah.

Pada Pukul 20.00 wib merupakan acara inti dari PSDM Musyrif/ah yakni dilaksanakan pembaiatan dengan membacakan ikrar yang dipimpin langsung oleh Dr. H Muhammad Aunul Hakim serentak diikuti oleh Musyrif/ah sebagai peserta PSDM, kemudian di tutup dengan Do’a yang disampaikan Dr. H. Syuhadak serta beberapa pesan terakhir Mudir Ma’had sebelum meninggalkan acara, “Mudir mengharap semoga acara PSDM ini bisa memberikan warna baru kepada Musyrif/ah dan Murabbi/ah untuk lebih khitmah dalam menjalankan amanah yang di berikan oleh Pusat Ma’had Al-Jami’ah, dan Nantinya Pusat Ma’had Al-Jami’ah kedepan terus mengempakkan sayapnya dimanapun kapanpun para mujahid berada.” Yang merupakan pesan terakhir Mudir Pusat Ma’had Al-jami’ah Dr. Kyai. Akhmad Muzakki, MA.

Leave a Reply