PUSAT MA’HAD AL-JAMI’AH MEMBUKA SELEKSI TES MASUK PROGRAM MA’HAD AL-JAMI’AH AL-ALY ANGKATAN KEDUA

On 16/05/2019 by admin

Liputan Santri Ma’had Al-Jami’ah Al-Ali, Sesuai dengan tujuan dari terselenggaranya Program Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly, yaitu untuk mencetak generasi ulama yang berkarakter dan tafaqquh fid dien, maka  Pusat Ma’had Al-Jami’ah kembali mengadakan tes seleksi mahasantri program Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly angkatan kedua. Seleksi ini diikuti oleh para mahasantri dari kelas al-Aly dan Mutawassith yang dinyatakan lolos berkas.  Total peserta yang mengikuti tes ada 64 mahasantri. Adapun pelaksanaan tes tersebut dilaksanakan sehari saja, yaitu pada hari Kamis, 2 Mei 2019 di Idaroh Ma’had Lantai 1, Idaroh Ma’had Lantai 2, dan Halaqoh Ma’had Lantai 2.

Para peserta dituntut untuk bisa membaca kitab “Kifayatul Akhyar” yang menjadi materi seleksi. Mereka betul-betul diseleksi dengan ketat oleh para penguji, yang terdiri dari para pengasuh Ma’had Al-Jami’ah, sehingga peserta yang lolos memang benar-benar mempunyai basic dalam memahami dan menguasai kutub al-turats al-islamiyyah.

Kegiatan tes tersebut tentu tak lepas dari beberapa kendala yang patut dijadikan evaluasi tahun depan, antara lain: banyak peserta yang terlambat mengikuti tes sebab terdapat kegiatan perlombaan ma’had yang mereka ikuti, sehingga menyebabkan pelaksanaan tes menjadi molor.

“Karena ini adalah program unggulan Rektor dan Ma’had al-Jami’ah, maka harapan dari terselenggaranya tes ini yaitu semoga para mahasantri yang dinyatakan lolos, mereka punya semangat dan gairah untuk menekuni dan menyelami dunia kutub al-turats al-islamiyyah sebagai rujukan para ulama untuk menyelesaikan problematika serta dapat mengintegrasikan keilmuan agama dengan sains sesuai perkembangan zaman.” Ujar M. Rahmat Hidayat, salah satu mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly angakatan pertama.

Leave a Reply