Kekompakan itu Penting (UPKM Pusat Ma’had Al- Jami’ah)

On 14/05/2019 by admin

UPKM Halaqah Ilmiah (HI) kembali mengadakan acara. Namun acara yang dilaksanakan kali ini berbeda daripada sebelumnya. Pasalnya, kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 9 Mei, UPKM HI tidak menampakkan ‘keilmiahannya’ seperti biasa. Hanya sebetas ngumpul biasa yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Sebenarnya acara ini merupakan acara penutupan program kegiatan HI selama satu tahun yang dikemas dengan buka puasa bersama. Menurut Zulfiansyah, pengurus HI sekaligus ketua pelaksana, diadakannya kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menutup program kegiatan, tapi juga mempererat tali ukhuwah antara para pengurus dan anggota. “Saya berharap acara ini tidak hanya sebatas mengisi perut saja (baca: buka bersama), tapi juga bisa mengisi hati dan pikiran sehingga timbul kesadaran ukhuwah dan kekompakan antara para anggota dan pengurus. Ini adalah tujuan utamanya,” ujarnya dengan semangat.

Pelaksanaan acara dimulai dari pukul 16.00 WIB. Sebelum buka puasa, acara diisi dengan pembacaan surah yasin dan istighasah bersama yang dipimpin langsung oleh Gus Nano Ramadhan.  Tidak lupa, acara buka bersama dan penutupan ini juga dihadiri oleh para murabbi/ah dari seluruh mabna dan beberapa pengurus dari UPKM EM dan JDFI. Terhitung tak kurang dari 70 orang yang hadir pada acara ini, termasuk tamu undangan.

Menurut salah satu tamu undangan, Ibnu Mu’ad, acara buka bersama Halqah Ilmiah kali ini lebih ramai dibanding tahun kemarin. Bagaimana tidak, tahun kemarin hanya dihadiri oleh segilintir anggota dan pengurus saja. Tidak semua pengurus hadir. “Sangat ramai dan bermakna. Saya mengapresiasi acara tahun ini karena melebihi dr tahun kemarin. MC yang mimpin acara ini juga sangat baik sehingga bisa membuat acara terasa lebih hidup dan bermakna”, katanya tegas.

Setelah buka puasa bersama, acara dilanjutkan dengan penobatan anggota dan pengurus terbaik Halaqah Ilmiah. Pengumuman penobatan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para anggota dan pengurus. Karena yang dinobatkan terbaik tidak hanya mendapatkan hadiah yang cukup prestigious, tapi mereka juga mendapatkan sertifikat yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu alat untuk menambah nilai SKKM kuliah.

Setelah rangkaian acara ngumpul dan buka bersama selesai, acara ditutup dengan sesi foto bersama oleh para pengurus dan anggota. “Setiap mengadakan acara apa pun, jangan lupa satu hal, yaitu foto-foto. Hahaha”, imbuh ketua harian UPKM HI, Muh. Fadil Akbar Islamy. (Dan/Shaf)

Leave a Reply