Ujian Tulis Rekrutmen Musyrif/ah Terbesar Se-Indonesia Hanya ada di UIN Malang

On 27/04/2019 by admin

Jurnalis MSAA- Setiap tahunnya, Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Maulana malik Ibrahim Malang membuka rekrutmen pendaftaran sebagai musyrif-musyrifah, santri tahfidz, dan takmir Mahad Sunan Ampel Al-aly (MSAA). Pendaftaran dimulai dengan mengisi formulir pendaftaran online pada 1 April s/d 12 April 2019 di link yang telah disediakan. Setelah diketahui 659 orang yang telah mendaftar online, para pendaftar diharuskan untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah dicantumkan di website resmi MSAA.

Kemudian setelah dilakukan penyeleksian berkas, seleksi selanjutnya yaitu tes tulis yang dilaksanakan pada 24 April 2019 pukul 19.30 – 23.30 WIB, yang terbagi dalam empat sesi, meliputi talim bahasa Arab, talim bahasa Inggris, talim Alquran, dan talim Afkar yang bertempat di aula gedung rektorat lantai 5. Tes tulis ini diikuti oleh 587 pendaftar baru. Mudir mahad, KH. Ahmad Muzakki, dan beberapa pengasuh turut hadir di tes tulis ini. Murabbi dan murabbiyah dari seluruh mabna bertugas sebagai panitia sekaligus pengawas dalam tes tersebut.

Tes tulis ini berjalan lancar. Para pendaftar sangat antusias mengikuti tes ini. walaupun dilaksanakan pada malam hari tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka menggunakan pakaian seragam hitam putih dengan tambahan jas dan bersandal. Syahdunya malam dan beratnya mata tak menghalangi semangat para calon pengabdi MSAA.

Setelah selesainya tes tulis, rangkaian tes selanjutnya yang akan diikuti oleh pendaftar baru adalah tes baca Alquran yang akan dilaksanakan pada 26 April 2019, tes lisan bahasa Arab dan bahasa Inggris pada 29 April 2019, dan tes Interview pada 30 April – 1 Mei 2019.  Seluruh tes ini dilaksanakan di jam dan tempat yang sama yaitu pukul 19.30 yang bertempat di Halaqoh Mahad,

 

Leave a Reply