Bentuk Karakter Ulul Albab dengan Belajar Mengurus Jenazah

On 19/03/2019 by admin

El Ma’rifah – Mabna Ibnu Khaldun adakan pengayaan tentang kepengurusan jenazah. Kegiatan ini dimimbing oleh Ustadz Lukman yang merupakan Murobbi Mabna Ibnu Sina 2013-2014. Acara yang merupakan program kerja muharrik divisi ta’lim afkar Mabna Ibnu Khaldun ini diadakan pada jumat (15/3) pukul 05.30 WIB di halaqoh Mabna Ibnu Khaldun.

“Tujuan dari diadakannya pembinaan ini adalah yang pertama untuk melekatkan karakter ulul albab pada seluruh mahasantri yang ada di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly, karena bukan hanya mabna Ibnu Khaldun saja yang ada pembinaan. Semua Mabna pasti ada jadwal pembinaan tersendiri agar karakter ulul albab itu selalu melekat pada diri Mahasantri. Yang kedua adalah untuk menjalin silaturahmi, para Mahasantri semua berkumpul di halaqoh lantai satu Mabna, harapan dari pelaksanaan pembinaan dalam mengurus jenazah, agar nantinya setelah Mahasantri lulus dari Ma’had dan terjun dimasyarakat, kelak Mahasantri memiliki bekal dan kemampuan dalam membantu masyarakat untuk syiar ilmu dan penanaman aqidah “. ujar Kang Umam selaku musyrif Mabna Ibnu Khaldun.

“Tujuan umum dari adanya perawatan jenazah ini adalah bagaimana sesama muslim jika terjun di masyarakat saling tolong menolong, sebagaimana umat muslim yang masih hidup tolong menolong, maka mayit juga harus ditolong”. Tambahnya lagi.

Ustadz Lukman dalam acara tersebut menjelaskan tentang tata cara mengurus jenazah mulai dari sakaratul maut sampai penguburan jenazah, dimulai dari memandikan jenazah, mengkafani jenazah, sampai menguburkan jenazah.

Para Mahasantri Mabna Ibnu Khaldun terlihat bersemangat mengikuti acara pembinaan tersebut karena pembawaan Ustadz Lukman yang humoris sehingga para Mahasantri tidak mengantuk walaupun acara berlangsung pada pagi hari.  Acara tersebut berakhir pada pukul 06.20 dengan pembacaan doa oleh Ustadz Lukman.

Ustadz Agus selaku Murabbi Mabna Ibnu Khaldun berharap kepada seluruh Mahasantri dan Musyif agar dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari materi yang telah disampaikan sehingga bisa bermanfaat ketika terjun di masyarakat nantinya. /Kim/Kin/

 

Leave a Reply