Rapat Audit Profil Kurikulum Pusat Ma’had Al-Jami’ah Tahun Ajaran 2019/2020

On 14/03/2019 by admin

Perkembangan Pusat Ma’had Al-Jami’ah dengan berjalannya waktu dan zaman, didukung juga dengan perkembangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang semakin besar di kanca PTKIN. Dibalik itu Ma’had yang di unggulkan sebagai icon UIN Malang, pastinya perkembangan itu juga di dukung dengan adanya pembenahan, baik secara infrastruktur maupun sarana prasarana, serta sistem pembelajaran dan kurikulum Ma’had yang perlu adanya evaluasi dan audit. Agar terjadi korelasi dan integrasi antara Ma’had dengan Universitas yang di dalamnya terbagi dari beberapa lini fakultas dan unit – unit yang lain seperti : HTQ (Hai’ah Tahfidz al-Qur’an), PPBA (Pola Pengembangan Bahasa Arab), UPKM (Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa), dll untuk saling mendukung satu sama lain dalam mengembangkan kampus UIN Malang sesuai dengan Visi dan Misi serta harapan lulusan UIN kedepan yakni mencetak lulusan dengan ciri khas “ Intelek yang Ulama dan Ulama yang Intelek” dengan karakter ulul albab.

 

Peran Pusat Ma’had Al-Jami’ah sangatlah besar dalam mendukung tercapainya visi dan misi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam rangkah mewujudkan itu mudir Ma’had Dr. KH Akhmad Muzakki M.A bersama team staf Ma’had dan Murabbi/ah ingin melakukan audit Ma’had, serta mengundang auditor dari team LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) untuk menggaudit sistem di Unit Pusat Ma’had Al-Jami’ah, mulai dari kinerja, kurikulum, Kegiatan akademik dan program – program lain penunjang bakat dan minat Mahasantri selama tinggal di Ma’had seperti (Halaqoh Ilmiah, El- Ma’rifah dan JDFI).

 

Pelaksanaan audit dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019 dengan auditor Dr. Abdul Malik Karim A., M.PdI dan pak Abdul Azis M.Si, yang di mulai pukul 13.00 – 16.00 wib. Dari hasil audit yang beliau sampaikan, ada beberapa hal penting yang harus dibenahi dari sistem Ma’had, yakni pertama yaitu 1. Sistem akademik Ma’had yang perlu di revisi untuk mengetahui output dan outcome lulusan Ma’had. 2. Integrasi Ma’had dan Kampus dalam menunjang proses pembelajaran antara rana Ma’had dan rana fakultas yang di kemas dalam sasaran mutu Pusat Ma’had Al Jami’ah.

 

Setelah pelaksanaan audit, Mudir Pusat Ma’had Al-Jami’ah Dr. KH. Akhmad Muzakki M.A langsung mengumpulkan para Staf dan Murabbi/ah untuk menyampaikan hasil audit dan membagi jobdisk dalam melakukan revisi kurikulum Pusat Ma’had Al Jami-ah. / by: Agus Cahya /

 

 

Leave a Reply