UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL TA’LIM MA’HADI ’78

On 23/10/2017 by admin

Ma’had Sunan Ampel Al-Ali kembali melaksanakan program rutinan yakni Ujian Tengah Semester Ganjil untuk seluruh mahasantri  pada bulan ini. Dimulai dari minggu ke-empat bulan Oktober 2017 telah diadakan monitoring Ta’lim bahasa, Ta’lim Al-Qur’an dan Ta’lim Al-Afkar Al-Islamiyah oleh mahasantri kepada masing-masing pendamping ta’lim. Monitoring ini biasanya dilaksanakan setelah kuliah PPBA malam yang bertempat di masing-masing mabna.

Musyrifah Ulfiatul Muarofah selaku divisi Al-Afkar Al-Islamiyah mabna Ummu Salamah mengakui kepadatan aktifitas Ma’had meningkat dengan adanya UTS Ma’hady, apalagi waktunya bersamaan dengan persiapan exma diakhir minggu ini. Teh Ulfi sapaan akrab Musyrifah Ulfiatul Mu’arofah mengatakan, “Sebenarnya tidak begitu berat, karena konsep mekanisme UTS sendiri sudah dimanage dari Pusat Ma’had Al-Jami’ah”. Mungkin hal ini tidak terlalu dirasakan oleh mahasantri, karena mereka hanya butuh menambah intensitas belajar untuk ujian dan menjalani kehidupan di ma’had seperti biasanya. Hal ini terbukti dari antusiasme mahasantri yang seimbang antara pelaksanaan ujian.

Ujian diselenggarakan yakni dimulai dari pukul 05.00 WIB – 06.00 WIB untuk ta’lim bahasa dan ta’lim afkar maupun ta’lim qur’an pada pukul 06.00 WIB – 07.30WIB. Hal ini dirasa tetap efektif karena melihat kuantitas soal sekaligus waktu yang dibutuhkan. Pelaksanaan UTS berada di aula dan lorong masing-masing mabna dengan mahasiswa yang berkumpul sesuai kelasnya. Tidak hanya itu, ada ketentuan seragam bagi peserta ujian, untuk putri yakni mengenakan rok hitam, almamater dan jilbab putih, sedangkan untuk putra mengenakan kopyah hitam dan jas almamater. Begitu juga ketika UTS tashih al-qur’an kepada masing-masing musohih/ah yang dimulai dari pukul 08.00 WIB – 11.30 WIB.

 

Semoga UTS semester ganjil kali ini mendapatkan nilai yang maksimal dan menjadi penyemangat bagi kegiatan-kegiatan di ma’had lainnya, yang terpenting kita bisa memanage waktu, tetap semangat bagi seluruh wrga di MSAA khususnya bagi mahasiswa MSAA. (Salwa)

Leave a Reply