MC DAN SPEECH,SAMPAIKAN PESAN MELALUI KATA-KATA

On 15/11/2015 by admin

Sadar bahwa peran untuk terjun di Dunia masyarakat sangatlah penting, UPKM JDFI UIN MALIKI Malang menggelar Training MC dan Speech yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 November 2015.  Pelatihan atau training ini dihadiri oleh para mahasiswa dari UIN Malang, UNISMA, dan UNIKAMA dengan mendatangkan beberapa narasumber sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Dr. Hj. Like Raskova Octaberliane.M.Ed adalah salah satu narasumber pada acara ini yang memberikan materi tentang ke-MC an. Materi ini disampaikan dengan gaya bahasa khas Bu Like yang santai dan mengasyikkan. Dengan pembawaan beliau yang khas inilah, para peserta pelatihan ini seakan-akan terbawa dalam atmosfer beliau sebagai Master Of Ceremony yang sesungguhnya. MC bukan hanya mengenai bagaimana cara membacakan sebuah susunan acara dalam sebuah agenda,tetapi lebih daripada itu terdapat banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang MC, seperti bagaimana cara berpakaian, intonasi, adab dan tingkah laku seorang MC dihadapan para audien. Tidak hanya itu, Bu Like memberikan tantangan kepada para peserta untuk menunjukkan kebolehannya mempraktekan bagaimana intonasi dan cara berjalan seorang MC. ‘’ We do not have to be the best,karena yang perlu kita lakukan adalah melakukan yang terbaik dan memberikan kebahagiaan untuk orang-orang disekitar kita’’.Ucapnya mengakhiri jumpanya.

Lain Bu Like, lain pula dengan Ustadzah I’anatut Thoifah. Pemateri yang akrab dengan kata-kata indahnya ini menyajikan beberapa materi mengenai speech atau public speaking. Materi disajikan dengan sangat hangat oleh Da’i Muda MNC TV ini sehingga membuat para peserta pelatihan terkagum kagum oleh kata-kata indah nan menggemparakakn darinya. Selain itu, reporter Liputan 6 petang ini juga memberikan beberapa motivasi kepada audien dengan memperlihatkan beberapa tayangan video perjuangan beliau ketika berjuang untuk menjadi Da’I Muda MNC TV. ‘’ Tidak semua orang pintar memiliki tekad kuat, tetapi setiap orang yang memiliki tekad kuat sudah pasti pintar’’, katanya berapi-api. Inti dari dakwah adalah amar ma’ruf nahi munkar, tambah mantan mahasiswa terbaik universitas UIN Maliki ini mengakhiri sesi nya.

Suasana semakin siang, namun pelatihan belum selesai. Para peserta training kembali dihadirkan oleh pemateri yang ketiga, Bpk. Ali Sukamto, AP.S.AP.M.AP yang merupakan publisi Master Of Ceremony RRI Malang hadir untuk memberikan meteri menegenai MC.  Tak kalah dengan Bu Like, Dengan gaya bahasa yang santai, beliau menyampaikan materinya dengan memaparkan pengalaman-pengalamannya terdahulu sebagai motivasi bagi para peserta untuk terus mengembangkan bakat dan tergugah untuk terus melakukan hal-hal positif dalam memberika pengaruh terhadap masyarakat.

Lantunan nasyid persembahan dari UPKM JDFI pun turut mewarnai segenap rentetan acara. Training MC dan Speech ini pun akhirnya berakhir pada pukul 13.00 WIB.

‘’ Saya sangat senang sekali dengan training ini, karena pengalaman saya bertambah.dan saya pun jadi semakin tahu hal-hal mengenai dunia public speaking.saya berharap setelah  mengikuti training ini, skill saya bertambah dan menjadi semakin baik tentunya.’’ Ucap Hennira,salah satu peserta Training MC dan Speech.(mon

Leave a Reply