PENUTUPAN ACARA MADRASAH INTELEKTUAL MA’HAD

On 11/11/2015 by admin

Setelah berlangsung selama beberapa hari mulai tanggal 2-10 November Madrasah Intelektual (MI) ditutup pada Selasa (10/11/2015) pukul 19.00 – 22.15 WIB. Acara penutupan rangkaian perlombaan MI ini dilangsungkan di Gedung Spot Center lantai dua dan dihadiri oleh seluruh mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al – Aly ,Musyrif/ah dan Murabbi/ah maupun panitia. Acara penutupan ini dilangsungkan bukan hanya meriah tapi juga penuh manfaat.

Penutupan MI atau malam puncak MI ini diawali dengan presentasi dari perwakilan masing-masing Mabna mengenai materi minggu lalu saat pembukaan Madrasah Intelektual yang membahas mengenai “Integrasi Sains dan Islam” ,dilanjutkan dengan hiburan dari Nasyid 56 JDFI yaitu terdiri dari 6 putra dan 6 putri dan dibagi menjadi dua tim.

Master of Ceremony (MC) membuka acara dengan bacaan Basmallah dan dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh salah satu Mahasantri, kemudian dilanjutkan dengan salah satu acara inti yaitu materi dari Ustadz Mokhammad Yahya MA, PhD yang berjudul “AMAZED BY THE QURAN”. Mahasantri terlihat serius dan fokus terhadap penyajian pemateri, bahkan mereka terkagum-kagung dengan konsep Al-Qur’an yang begitu luar biasa. Walaupun ditengah acara ada beberapa kesalahan teknis, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para mahasantri untuk tetap mengikuti serangkaian kegiatan penutupan Madrasah Intelektual hingga akhir. Tak lupa karena acara penutupan MI bertepatan 10 November yang merupakan peringatan hari pahlawan ,seluruh mahasantri mendoakan para pahlawan yang telah gugur agar diterima disisi-Nya.

Setelah acara ditutup inilah sesuatu yang paling ditunggu-tunggu seluruh mahasantri yaitu pengumuman pemenang rangkaian perlombaan MI. Diawali dengan ditayangkannya video dokumenter selama acara MI ,secara berurutan MC membacakan pemenang rangkaian lomba dimulai dari lomba MSQ, juara 1 diraih oleh  oleh mabna Ibn Sina dan Ibn Khaldun untuk juara 2 kategori putra, dan Khodijah Al-Kubro dan  Ummu Salamah untuk kategori putri. Kemudian dari cabang lomba MQK, juara 1 ketegori putra diraih oleh mabna Al- Gazali dan juara 2 diraih oleh Ibn Sina, dan untuk kategori putri, diraih oleh Khodijah Al-Kubro untuk juara 1, dan  Asma Binti Abu Bakar untuk juara 2. Dan pada cabang lomba musikalisasi puisi jura 1 putra/i diraih oleh mabna Ibn Khaldun dan Asma Binti Abu Bakar, untuk juara 2 putra/i, diraih oleh mabna al- Faraby dan Fatimah Az-zahra. Kemudian dari cabang kaligrafi, juara 1 putra/i diraih oleh  mabna Al- Faraby dan Asma’ bint abu bakar, dan juara 2 diraih oleh Ibnu Rusyd untuk kategori putra, dan Ummu salamah untuk kategori putri. Sholawat al- Banjari juara 1 putra/ i diraih oleh mabna Ibnu Kholdun dan Fatimah Az-zahra, dan untuk juara 2 putra/i, diraih oleh mabna Ibnu Rusyd dan Khodijah Al-kubro.(mir,nad)

Leave a Reply