MUSIKALISASI PUISI

On 04/11/2015 by admin

El Ma’rifah – Rangkaian acara Madrasah Intelektual memasuki hari kedua Selasa (04/11/2015) malam itu pukul 20.00 WIB diadakan perlombaan Musikalisasi puisi di pelataran depan Mabna Al-Gazali yang dihadiri seluruh peserta musikalisasi puisi, yang merupakan perwakilan dari setiap Mabna. Terlihat sekali bahwa musikalisasi pusi sangat mencuri perhatian  para Mahasantri, hal ini terlihat ketika para Mahasantri sangat antusias untuk memberikan semangat kepada perwakilan mabnanya.

Salah satu dari beberapa perlombaan Madrasah Intelektual ini mampu menarik perhatian Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA) hingga memenuhi pelataran depan mabna Al-Gazali dan memeriahkan acara dengan saut menyaut yel-yel dukungan dari mabna masing-masing. Diawali dengan penampilan dari Averoes sebutan untuk mabna Ibnu Rusyd yang pastinya mendapat dukungan dari Mahasantri averoes lainnya dengan menyuarakan yel-yel kebanggaan dari mabna Rusyd. Penampilan pertama ini menujukan sisi dari kehidupan di dunia yaitu kemaksiatan yang berakhir dengan keiklasan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui bertobat dan insyaf karena sadar akan kebesaran Allah.

Setelah penampilan dari mabna Ibnu Rusyd, acara dilanjutkan dengan penampilan- penampilan musikalisasi puisi dari tiap mabna. Dan semakin larut acara ini berlangsung, suasana semakin lengang, sorak penonton mulai redup. Tapi suasana dapat kembali hidup ketika perwakilan dari salah satu mabna putri, dengan nomor peserta 6 tampil .  intinya, pada setiap penampilan mempunyai pesan, bahwasanya dengan datangnya Muharram, diharapkan kita akan menjadi insan yang lebih baik.

Acara Musikalisasi Puisi ini tidak hanya mengasah kemampuan peserta dalam bidang seni tetapi juga mampu berdakwah dengan kemasan yang lebih menarik sehingga dapat diterima dengan mudah oleh pendengar. Selain menghibur acara Musikalisasi puisi ini juga memberikan tambahan pengetahuan mengenai Ke-Islaman khususnya pengetahuan tentang bulan Muharram. Diharapkan dakwah Islam dengan adanya Musikalisasi puisi bisa lebih sampai ke hati dan pikiran pendengar. (mir)

Leave a Reply