Open Recruitment el-Ma’rifah Utamakan Kebersamaan

On 16/03/2014 by admin
Sebagai langkah awal untuk menjadi World Class University (WCU), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) mulai berbenah dan bergerak untuk mencapai standar tersebut. Berbagai cara mulai dikembangkan misalnya, pada pengembangan sarana, kegiatan belajar mengajar, hingga berbagai inovasi yang dilakukan. Dari statement tersebut, Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) el-Ma’rifah bergerak melalui Open Recruitment El-Ma’rifah pada tanggal 15 Maret 2014, di depan rektorat.
Kegiatan ini merupakan Open Recruitment tahap pertama dan untuk tahap berikutnya diadakan di Jawa Pos dan Radar Malang.   “Inti kegiatan hari ini adalah berlatih untuk membuat karya dan menjadikan kampus ini terkenal lewat tulisan bahkan mungkin bisa dipublikasikan” ujar Haqiqi el-Rozaq selaku panitia acara. Acara ini dimulai dengan briefing anggota batu pada pukul 06.30 – 08.00 WIB. Pada kegiatan ini, mereka akan diajak untuk mengenal satu sama lain dan permainan yang cukup menghibur.
Pada pukul 09.00 WIB berlatih membuat majalah dalam waktu singkat. Dimana mereka akan dibentuk menjadi 5  kelompok dari 24 peserta yang hadir. Rinciannya mereka akan diberi beberapa lembar kertas HVS dan mulai membuat majalah dengan tema, rubrik, dan design cover menurut kreativitas kelompok masing – masing. Teknologi, Migrain (Majalah Islam Generasi Nasional), Trave and Go, dan sebagainya adalah contoh sebagian tema yang diambil. Ada yang membuat karikatur, opini, ensiklopedia dan sebagainya. Bahkan tidak jarang di antara mereka yang saliing membantu, berdiskusi, atau sekedar share masalah kepenulisan.
Oleh karena itulah, tujuan Open Recruitment ini juga sebagai ajang ta’aruf dan gambaran kegiatan di el-Ma’rifah. “Jadi ya, suapaya mereka bisa mengeenal satu sama lain. Karena mereka nanti juga akan bertindak sebagai layouter, cari berita, layouter, dan ada juga yang ngisi di dalamnya. Misalnya, antara layouter dan reporter tidak match bisa jadi gap di antara mereka“  Haqi menimpali. Kegiatan ditutup dengan presentasi masing – masing kelompok pada pukul 11.00-11.30 WIB, dengan dipimpin 3 juri. Pilihan warna, design cover, kreativitas, gaya tulisan dan bahasa merupakan beberapa penilaian yang dinilai. Terpisah, dari data yang diperoleh tercatat antusiasme peserta sangat tinggi, dimana dari 183 mereka dipilih  33 orang saja.

Leave a Reply