SEMARAK KHOTMIL QUR’AN DI LAPANGAN KAMPUS UIN MALANG

On 27/09/2019 by Agus Cahyo

Jurnalist El-Ma’rifah – Kamis (26/9) di Kampus satu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dilaksanakannya Khotmil Qur’an perdana dilapangan UIN. Acara Khotmil Qur’an ini dilaksanakan sebulan sekali oleh UIN Malang dan setiap Mahasantri baru wajib mengikuti acara tersebut.

Terdapat sedikit perbedaan dalam Khotmil Qur’an perdana bulan ini, yakni perbedaan tempat pelaksanaanya. Kalau biasanya Khotmil Qur’an selalu dilaksanakan di gedung Sport Center, untuk Khotmil Qur’an perdana ini dilaksanakan di lapangan utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Musyrif/ah yang menjadi panitia untuk acara pada malam hari ini sangatlah luar biasa karena mereka mengerjakan panggung itu tidak sampai setengah hari. Meskipun ya banyak kendala tetapi itu bisa diatasi oleh para panitia. Kendala-kendala tersebut seperti keamanan yang lebih diperketat karena acara ini dilaksanakan di lapangan Hal ini dikarenakan gedung Sport Center yang tidak bisa dipakai karena sedang dilaksanakannya LIMA atau Liga Mahasiswa. ujar Fathoni sebagai Musyrif Mabna Al-Muhasibi.

Namun hal tersebut tidak membuat semangat Mahasantri untuk mengikuti Khotmil Qur’an ini pudar begitu saja. Seluruh Mahasantri dari Mabna Al-Ghazali hingga Mabna Ar-Razi dari kampus dua pun datang untuk mengikuti Khotmil Qur’an perdana ini.

Acara yang dibawah kepanitian Musyrif Mabna Al-Ghazali dan Mabna Al-Muhasibi serta Musyrifah Mabna Khadijah Al-Kubro ini terlihat begitu mewah dengan panggung yang dibangun dan dihias dengan bunga-bunga serta beberapa lampu tumbler. Acara Khotmil Qur’an ini dimulai pukul 19.00-22.00 WIB, dihadiri oleh seluruh dewan pengasuh dan wakil rektor III, oleh Gus Isroqunnajah, acara diawali dengan penampilan grup sholawat dan dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an bersama yang berlangsung khidmat, setelah itu acara ditutup dengan doa Khotmil Qur’an.

Setelah do’a khotmil Qur’an dilanjutkan dengan mauidho hasanah oleh Gus Isroqunnajah selaku wakil rektor III, beliau berpesan kepada Mahasantri bahwasannya di malam 26 bulan Muharram 1441 H, Rasululloh SAW memulai hijrah dari Makkah ke madinah dengan membuat pondasi diawali dari Masjid. Kepada seluruh Mahasantri diharapkan untuk selalu berusaha istiqomah menjalankan sholat berjama’ah, karena dengan sholat berjama’ah bisa menghindarkan dari kefakiran dan dimudahkan dalam segala urusan yang dihadapi. Serta selalu menjalankan kegiatan positif yang sudah diajarkan di Pusat Ma’had Al-jami’ah, tutur singkat beliau dalam memberikan sambutan, yang mewakili rektor karena berhalangan hadir. Menutup kegiatan Khotmil Qur’an dilanjutkan dengan pembacaan juara sosialisasi manasik haji 2019.

 

Leave a Reply