IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Magang ke Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang untuk Belajar Pengelolahan dan Pelatihan Management Ma’had berbasis Kampus

On 12/09/2019 by admin

Jurnalist MSAA, Setelah kedatangan tamu dari IAIN Surakarta, sore harinya Mudir Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang berlanjut menyambut kedatangan tamu dari IAIN Ar-Raniry aceh, yakni pada kesempatan kali ini IAIN Ar-Raniry Aceh bisa bersilaturahmi ke UIN Malang, khususnya ke Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Dengan membawa 10 personel pengurus Ma’had beserta Mudir dari Ar-Raniry untuk melakukan study lapangan salama 1 minggu.

Antusiasme tamu dari IAIN Ar-Raniry Aceh mengharap selama menimbah ilmu di Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang nantinya dapat menerapkan formulasi baru dari study lapangan di UIN Malang. Harapan ini pun disampaikan oleh beberapa pengurus yang Ma’had IAIN Ar-Raniry, pada kesempatan pertemuan awal di buka langsung oleh Yai Muzakki sekaligus memaparkan secara umum tentang kondisi dan tradisi Ma’had UIN Malang, dan beliau juga menyampaikan terkait terobosan-terobosan terbaru program yang ada di Pusat Ma’had Al-Jami’ah, salah satunya Program Ma’had Al-Jami’ah Al-Aly dan Program Madrasah Diniyah (MADIN) yang belum ada di PTKIN lain.

Yai Muzakki bertutur bahwasannya semua program-program Ma’had bisa berjalan dengan baik dan lancar, semua itu tidak terlepas dari kerjasama Murabbi/ah dan Musyrif/ah yang luar biasa totalitas. Disitulah yang tidak bisa ditiru oleh PTKIN yang lain, karena semuannya sudah diatur melalui sistem, mulai dari rekrutment Murabbi/ah sampai Musyrif/ah yang dilanjut dengan perbekalan berupa PSDM sebelum melaksanakan amanah yang diberikan oleh Ma’had.

Selama 1 minggu, para tamu dari IAIN Ar-Raniry Aceh diajak untuk ikut andil melihat dan terjun langsung dalam mengikuti kegiatan yang ada di Ma’had. Seperti Shobaqul Lugha, Ta’lim Afkar dan Ta’lim Al-Qur’an. Tak hanya itu, sambil melepas lelah para tamu juga disugukan beberapa penampilan kegiatan Ekstra Mabna (EKSMA) dari Mahasantri Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Pada keesokan harinya dilanjutkan presentasi dari Masing-masing devisi oleh Murabbi/ah, dengan memaparkan program-program dan tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut, serta evaluasi yang dilakukan dari masing-masing kegiatan.

Pada hari rabu dilaksanakan perpisahan bersama para delegasi magang dari IAIN Ar-Raniry, yang mana pertemuan tersebut di kemas dengan sambutan Mudir Pusat Ma’had Al-Jami’ah Dr.H. Ahmad Muzakki, MA dengan ucapan terimakasih atas silaturahmi ilmiah di Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang selama satu minggu dalam rangkah menyamakan presepsi untuk memajukan Ma’had Se-PTKIN terkait karakter building, sistem akademik untuk bisa diterapkan di UIN Ar-Raniry banda aceh, tutur Mudirul Ma’had Al-Jami’ah dalam sambutan singkatnya sebelum para delegasi IAIN Ar-Raniry kembali ke Kampus tercinta.

Leave a Reply