MSAA UIN Malang Gelar Stadium General dan Majelis Qiraah Wa Ijazah Kitab Arbain Nawawi

On 05/09/2023 by Kholil Rohman

MSAA Pos – Setelah melaksanakan kegiatan taklim qur’an di hari jumat kemarin, Ma’had Sunan Ampel al-Aly (MSAA) UIN Malang menggelar kegiatan besar bertajuk Stadium General dan Majelis Qiraah Wa Ijazah Kitab Arbain Nawawi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Sport Center (SC) pada hari senin (04) kemarin. Dimulai sejak pukul 20.00, seluruh mahasantri sangat antusias menyambut kedatangan Syeikh Dr. Shalahuddin El-Shamy sebagai pembicara pada kegiatan stadium general tersebut.

Tak hanya diikuti seluruh mahasantri, turut hadir pula rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A, ditemani mudir MSAA UIN Malang, Dr. KH. Badruddin Mohammad, M.HI, beserta seluruh jajaran pengasuh, staf, murabbi/ah, dan muallim/ah juga memadati ruangan SC.

Dalam sambutan rektor, Zainuddin menyampaikan tentang beberapa fakultas dan jurusan yang ada di UIN Malang. Tak lupa ia juga menyampaikan eksistensi Ma’had di kampus sebagai salah satu unit yang sangat penting.

“UIN Malang adalah salah satu kampus yang paling awal membentuk Ma’had. Hal ini tentunya dalam rangka mencapai dua pilar UIN yang berbunyi kedalaman spiritual dan keagungan akhlak,” papar Zainuddin.

Sementara itu, Buya Badruddin juga menyampaikan sambutannya perihal rasa terimakasih dan kebahagiaan karena bisa bertemu dan satu forum dengan peneliti Markaz Ihya Al-Turats Al-Azhar Al-Syarief Mesir itu.

Selain dari pihak kampus, Dr. Mukhlis Muhammad Hanafi, M.A sebagai Direktur Majelis Hukama’ Muslimin cabang Indonesia Sekaligus sekjen Baznas Pusat juga memberikan sambutan di hadapan seluruh mahasantri.

“Atas nama agama, orang melakukan penindasan. Hal ini tentu tidak bisa dibenarkan. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan banyak belajar dari Syeikh Dr. Shalahuddin El-Shamy yang datang dari Al-Azhar. Sebagaimana kita ketahui, bahwa al-Azhar sudah menjadi tempat peradaban keilmuan selama 1.081 tahun.

Sebelum memasuki acara inti, diselenggarakan sesi pemberian piagam dokumen persaudaraan manusia: Untuk perdamaian dunia dan hidup bersama yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Akbar Ahmad Al-Tayyeb.

Sampai pada acara inti, Syeikh Dr. Shalahuddin El-Shamy menyampaikan rasa kegembiraannya bisa berada di tengah-tengah mahasantri UIN Malang.

“Ini merupakan kebahagiaan bagi kami, bisa berada di tengah-tengah kalian semua. Semoga kampus ini bisa memberikan manfaat yang luas kepada seluruh umat. Tidak lepas dari kerjasama Al-Azhar dengan Majelis Hukama’ dan UIN Malang,” terangnya.

Banyak hadist dan penjelasan yang Syeikh sampaikan pada seluruh audien. Salah satunya ialah perihal bagaimana setiap muslim hendaknya berkasih sayang dengan seluruh makhluk.

“Rasulullah mengajak kita untuk mengasihi seluruh alam semesta. Tidak hanya keluarga atau saudara. Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya Allah menyayangi orang yang berkasih sayang. Sedangkan orang yang tidak berkasih sayang, tidak akan pernah disayangi,” jelasnya dengan penuh semangat.

Tepat pada pukul 22.15 WIB acara stadium general berakhir. Seluruh mahasantri diperkenankan untuk kembali ke mabna masing-masing. Sebelum itu, panitia mengambil dokumentasi kegiatan bersama pembicara dan seluruh audien.

Leave a Reply