Sarasehan Akademik Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2023

On 29/08/2023 by Kholil Rohman

MSAA Pos – Dalam rangka menyambut tahun akademik Mahad 2023, Ma’had Sunan Ampel al-Aly (MSAA) UIN Malang menggelar sarasehan akademik bersama muallim/ah dan mushohih/ah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin (28) kemarin.

Kegiatan yang bertempat di halaqoh Ma’had lantai satu terebut dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. Antusias dan partisipasi seluruh peserta yang tinggi membuat acara berlangsung dengan begitu khidmat dan menyenangkan.

Dalam acara tersebut, sosialisasi pelaksanaan taklim ke depan sekaligus monitoring dan evaluasi disampaikan oleh masing-masing koordinator bidang (Korbid). Taklim afkar dipangku oleh Dr. KH. Syuhadak, M.A, sedangkan untuk taklim qur’an dikomandani oleh KH. Muhammad Hasyim, M.A. Tak lupa juga Dr. KH. Badruddin Mohammad, M.HI sebagai pimpinan Ma’had dan Wakil Direktur bidang akademik turut menyertai.

“Dengan dilaksanakannya acara sarasehan ini, harapannya adalah kegiatan taklim Ma’had ke depan bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Mengingat banyak hal yang harus kita benahi dan kawal bersama,” ujar Buya Badru dalam sambutannya.

Selain itu, Dr. Hj. Dewi Chamidah selaku wadir akademik Ma’had memimpin jalannya diskusi bersama seluruh muallim/ah dan mushohih/ah. Banyak hal yang dibahas dalam diskusi tersebut. Mulai dari tata tertib taklim, metode pembelajaran, dan keadaan kelas masing-masing mabna yang perlu diketahui dan didiskusikan bersama.

“Adapun beberapa poin evaluasi dari tahun kemarin meliputi proses pembelajaran taklim yang tidak sesuai dengan silabus, beberapa muallim/ah telat masuk kelas, proses pembelajaran berjalan monoton, dan adanya mahasantri yang dianggap salah masuk kelas,” jelas Bu Nyai Chamidah.

Pastinya, adanya kegiatan sarasehan akademik Ma’had 2023 tiada lagi bertujuan untuk memantapkan dan memaksimalkan kinerja dan hasil dari kegiatan taklim selama satu tahun ke depan.

Leave a Reply