Meriahkan Ta’aruf Ma’hady Dalam Membentuk Karakter Mahasantri Pusat Ma’had Al-Jami’ah 2019

On 21/08/2019 by admin

Jurnalis MSAA – Penyelenggaraan Ta’aruf Ma’hady Ma’had Sunan Ampel Al-aly (MSAA) untuk Mahasantri baru di gedung Sport Center (SC) lantai 2 UIN Maulana Malik Ibrahim (MALIKI) Malang berlangsung dengan sangat meriah, Senin-Selasa (19-20/8/2019).

 

Dengan sangat antusias seluruh Mahasantri baru mengikuti agenda tahunan di MSAA ini. Hal tersebut terlihat dari semarak para Mahasantri dalam mendengungkan yel-yel mabnanya masing-masing. “Seru banget acaranya dan disini kita itu bisa merasakan kekompakan setiap Mabna saat yel-yel dan jadi terasa banget kekeluargaannya,” ujar Ira  salah seorang Mahasantri Mabna Asma’ Binti Abi Bakar.

 

Pembukaan Ta’aruf Ma’hady ini dilaksanakan pada Senin (19/8) malam oleh Mudir MSAA Dr.KH.Ahkmad Muzakki, MA yang juga dihadiri oleh segenap pengasuh Ma’had. Kemudian dilanjutkan pada Selasa (20/8) sejak pukul 06.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

 

Ta’aruf Ma’hady merupakan sebuah agenda tahunan untuk mengenalkan Ma’had kepada seluruh Mahasantri baru MSAA. Diharapkan dengan adanya Ta’aruf ini Mahasantri bisa mengenal para pengasuh, Musyrif/ah, Murobbi/ah dan kegiatan di Ma’had. “Ta’aruf Ma’hady ini supaya kalian tahu para pengasuh, jadi nanti kalau bertemu di jalan mohon dihormati,” ujar Kyai Muzakki dalam sambutannya.

 

Acara ini diisi dengan penyampaian materi oleh para pengasuh Ma’had. Melalui materi tersebut, para Mahasantri memperoleh pengetahuan dan gambaran seputar struktur Ma’had dan kegiatan Ma’hadi yang akan mereka laksanakan selama satu tahun di Ma’had. Kegiatan Ma’hadi tersebut seperti kegiatan ubudiyah, ta’lim bahasa, qur’an, afkar dan kegiatan kesantrian. Selain itu, Mahasantri juga dikenalkan dengan sistem manajerial dan tata tertib serta peraturan di Ma’had.

 

Tidak hanya materi, MSAA juga memperkenalkan berbagai macam Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) yang ada di bawah naungan Ma’had seperti Jam’iyah Dakwah Wal Fan Islami (JDFI), Halaqoh Ilmiah dan El-Ma’rifah. Ketiga UPKM tersebut merupakan wadah yang disediakan oleh Ma’had untuk memfasilitasi para Mahasantri guna mengembangkan bakat dan minat mereka dalam bidang seni, penalaran dan literasi. (nrl)

Leave a Reply