TRAVELING SEKALIGUS BELAJAR BAHASA

On 17/09/2013 by admin

Ibnu Sina Ma’had Sunan Ampel Al Ali punya beragam cara. Muhammad Zainal selaku Coordinator mabna pun memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan bahasa kepada seluruh mahasantri Ibnu Sina. Ya, traveling merupakan cara yang efektif untuk mengajak mahasantri agar lebih mudah mengenal bahasa. “Jalan-jalan ke Taman Merjosari sambil  saya perkenalkan bahwa bahasa Arab maupun Inggris itu mudah, disamping itu, kita juga sambil makan roti, permen, dan minum susu di sana. Jadi, itu lebih mudah diterima oleh mahasantri,” ungkapnya.

Mahasiswa kelahiran Sidoarjo, itu mencontohkan saat traveling di Merjosari bersama seluruh warga Ibnu Sina, Muhammad Zainal berharap, agar kegiatan seperti itu dapat secara istiqomah dilakukan. Karena selain dapat belajar bahasa juga dapat lebih mengakrabkan antara musyrif dan mahasantri dengan cara makan bersama. Di sela-sela traveling itu pula, mahasantri banyak bertanya. Akibatnya, terjadi interaksi yang lebih menyenangkan antara musyrif dan mahasantri Ibnu Sina. “Mahasantri lebih suka jalan-jalan sambil belajar ya,” katanya.

Selain itu, Muhammad Zainal menambahkan bahwa mahasantri Ibnu Sina mempraktikkan bahasa secara langsung. Jadi, mahasantri tidak hanya mengetahui bahasa sebatas teori saja. (Chard)

Leave a Reply