SYAWIR MA’HAD ALI ” BAB SHOLAT” (Mematikan Handphone Saat Sholat) Part 2

On 18/09/2020 by Agus Cahyo

Saat seseorang sedang sholat berjamaah, tiba-tiba handphone-nya berbunyi dengan keras. Kemudian ia berniat untuk mematikan handphone tersebut, karena khawatir dapat mengganggu kekhusyukan jamaah yang lain. Dan gerakan saat mematikannya tidak lebih dari tiga kali.

Pertanyaan :

Bagaimana hukum mematikan handphone di tengah sholat?

Jawab :

Pada dasarnya, baik ketika salat sendirian atau berjamaah, hukum membatalkan sholat karena handphone berdering adalah tidak diperbolehkan, kecuali bila dering handphone dapat mengganggu orang tidur atau jamaah lain dalam taraf yang diharamkan. Parameter gangguan yang dapat diharamkan ialah gangguan yang sampai melampaui kewajaran (la yuhtamalu ‘âdatan). Sedangkan gangguan yang ringan, semisal disebabkan volume dering HP yang tidak terlalu keras maka bukan termasuk kategori mengganggu yang diharamkan, namun hukumnya hanya bertaraf makruh.

Terkadang situasi menuntut untuk memutus salat, apabila tidak memungkinkan mematikan HP, kecuali dengan cara memutus sholatnya. Hal ini berlaku bila sholat dilakukan secara berjamaah di masjid dan nada dering HP adalah lagu-lagu yang tidak etis, sehingga bunyi nada dering tersebut diharamkan karena termasuk merusak kehormatan masjid dan mengganggu kekhusyukan salat. Kendati demikian, bila masih memungkinkan mematikannya tanpa memutus salatnya maka diperbolehkan dan tetap baginya untuk melanjutkan salatnya.

Syekh Ibn Qasim al-Ubbadi dalam komentar terhadap kitab Ibn Hajar al-Haitami, “Hasyiyah Ibn Qasim ‘ala Tuhfat al-Muhtaj” menegaskan bahwa mushalli yang memakai pakaian hasil gasab maka wajib baginya untuk melepasnya di pertengahan salat. Bila tidak memungkinkan kecuali dengan membatalkan salat maka wajib membatalkan salatnya. Hal demikian dapat dianalogikan dengan dering HP di tengah salat yang menimbulkan keharaman dengan titik temu berupa timbulnya keharaman yang wajib dijauhi saat salat berlangsung.

Sebagian ulama membolehkan memutus salatnya, karena kehilangan kekhusyukan, namun pendapat ini perlu dikaji ulang. Hal ini sebagaimana disadur oleh Ibn Hajar al-Haitami dalam “Tuhfat al-Muhtaj”.

Dengan demikian, mematikan HP saat berdering, jika dapat mengganggu kekhusyukan jamaah, sesegera mungkin untuk dimatikan.

Catatan:

Hendaknya bagi mushalli untuk memastikan sebelum sholat agar mematikan HP atau minimal dibuat mode diam, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tatkala salat berlangsung.

Referensi:

إسعاد الرفيق (ص 121) الحرمين

وَمِنهَا (قَطعُ الفَرضِ) أَدَاءً كَانَ أَوقَضَاءً وَلَو مُوَسَّعًا وَصَلَاةً كَانَ أَو غَيرَهَا كَحَجٍّ وَصَومٍ وَاعتِكَافٍ بِأَن يَفعَلَ مَا يُنَافِيهِ لِأَنَّهُ يَجِبُ إِتمَامُهُ بِالشُّرُوعِ فِيهِ لِقَولِهِ تَعَالَى: وَلَا تُبطِلُوا أَعمَالَكُمْ وَمِنَ المُنَافِي أَن يَنوِيَ قَطعَ الصَّلاَةِ الَّتِي هُوَ فِيهَا وَلَو إِلَى صَلَاةٍ مِثلِهَا

حاشية الترمسي (2/396-397) دار المنهاج

(وَيَحرُمُ) عَلَى كُلِّ أَحَدٍ (الجَهرُ) فِي الصَّلاَةِ وَخَارِجِهَا (إِن شَوَّشَ عَلىَ غَيرِهِ) مِن نَحوِ مُصَلٍّ أَوقَارِئٍ أَو نَائِمٍ وَيَرجِعُ لِقَولِ المُتَشَوِّشِ وَلَوفَاسِقًا, لِأَنَّهُ لَايُعرَفُ إِلَّا مِنهُ وَمَا ذَكَرَهُ مِنَ الحُرمَةِ ظَاهِرٌ لَكِن يُنَافِيهِ كَلَامُ المَجمُوعِ وَغَيرِهِ فَإِنَّهُ فَإِنَّهُ كَالصَّرِيحِ فِي عَدَمِهَا إلَّا أَنْ يَجْمَعَ بِحَمْلِهِ عَلَى مَا إذَا خَافَ التَّشْوِيشَ (قَولُهُ عَلَى مَا إِذَا خف التَّشوِيشُ) أَي وَمَا ذَكَرَهُ المُصَنِّفُ مِنَ الحُرمَةِ عَلَى مَا إِذَا اشتَدَّ, وَعِبَارَةُ الإِيعَابِ يَنبَغِي حَملُ قَولِ المَجمُوعِ وَإِن آذَا جَارَهُ عَلَى إِيذَاءٍ خَفِبفٍ لَا يُتَسَامَحُ بِهِ بِخِلَافِ جَهرٍ يَتَعَطَّلَهُ عَنِ القِرَاءَةِ بِالكُلِّيَّةِ اهـ

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (3/17) دار إحياء التراث العربي

وَلَوْ أَحْرَمَ فِي ثَوْبٍ مَغْصُوبٍ فَإِنْ لَمْ يَتَمَكَّنْ مِنْ غَيْرِهِ وَجَبَ نَزْعُهُ وَالِاسْتِمْرَارُ فِي الصَّلَاةِ، وَإِنْ تَمَكَّنَ مِنْهُ وَمِنْ نَزْعِ الْمَغْصُوبِ وَلُبْسِ غَيْرِهِ بِلَا زَمَنٍ تَبْدُو فِيهِ الْعَوْرَةُ وَجَبَ وَإِلَّا فَيُحْتَمَلُ وُجُوبُ النَّزْعِ وَقَطْعُ الصَّلَاةِ فَلْيُحَرَّرْ

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (2/57) دار إحياء التراث العربي

(قَوْلُهُ وَبَحَثَ إلَخْ) أَيْ ابْنُ الْعِمَادِ حَيْثُ قَالَ وَيَحْرُمُ عَلَى كُلِّ أَحَدٍ الْجَهْرُ فِي الصَّلَاةِ وَخَارِجِهَا إنْ شَوَّشَ عَلَى غَيْرِهِ مِنْ نَحْوِ مُصَلٍّ أَوْ قَارِئٍ أَوْ نَائِمٍ لِلضَّرَرِ وَيَرْجِعُ لِقَوْلِ الْمُتَشَوِّشِ وَلَوْ فَاسِقًا لِأَنَّهُ لَا يُعْرَفُ إلَّا مِنْهُ اهـ وَمَا ذَكَرَهُ مِنْ الْحُرْمَةِ ظَاهِرٌ لَكِنْ يُنَافِيهِ كَلَامُ الْمَجْمُوعِ وَغَيْرِهِ فَإِنَّهُ كَالصَّرِيحِ فِي عَدَمِهَا إلَّا أَنْ يَجْمَعَ بِحَمْلِهِ عَلَى مَا إذَا خَافَ التَّشْوِيشَ اهـ شَرْحُ الْمُخْتَصَرِ لِلشَّارِحِ اهـ بَصْرِيٌّ وَيَأْتِي عَنْ شَيْخِنَا جَمْعٌ آخَرُ

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (2/163) دار إحياء التراث العربي

(وَالصَّلَاةُ حَاقِنًا) بِالنُّونِ أَيْ بِالْبَوْلِ (أَوْ حَاقِبًا) بِالْبَاءِ أَيْ بِالْغَائِطِ أَوْ حَاذِقًا أَيْ بِالرِّيحِ لِلْخَبَرِ الْآتِي وَلِأَنَّهُ يُخِلُّ بِالْخُشُوعِ بَلْ قَالَ جَمْعٌ إنْ ذَهَبَ بِهِ بَطَلَتْ وَيُسَنُّ لَهُ تَفْرِيغُ نَفْسِهِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَإِنْ فَاتَتْ الْجَمَاعَةُ وَلَيْسَ لَهُ الْخُرُوجُ مِنْ الْفَرْضِ إذَا طَرَأَ لَهُ فِيهِ وَلَا تَأْخِيرُهُ إذَا ضَاقَ وَقْتُهُ إلَّا إنْ ظَنَّ بِكَتْمِهِ ضَرَرًا يُبِيحُ لَهُ التَّيَمُّمَ فَحِينَئِذٍ لَهُ حَتَّى الْإِخْرَاجُ عَنْ الْوَقْتِ وَجَوَّزَ بَعْضُهُمْ قَطْعَهُ لِمُجَرَّدِ فَوْتِ الْخُشُوعِ بِهِ وَفِيهِ نَظَرٌ

Leave a Reply