FESTIVAL SHOLAWAT DAN MAULID AD-DIBA’I MAHASANTRI AR-RAZI DALAM MENYAMBUT BULAN ROJAB

On 27/02/2020 by Agus Cahyo

Dikutip dari El-Ma’rifah – Ar-Razi Bersholawat menyambut datangnya bulan Rajab, Rabu (26/2/20) pukul 19.30 WIB di Masjid Ali Ash-Shobuni, Ma’had Kedokteran, Pasca UIN Malang. Membuat suasana malam di Kampus II Ulul Albab tersebut menjadi damai dan syahdu.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Mahasantri Ar-Razi mulai semester dua sampai semester empat, dihadiri oleh Murobbi/ah Pusat Ma’had Al-jami’ah dan juga perwakilan Musyrif/ah setiap mabna. Kolaborasi antar Musyrif/ah dan Mahasantri Ar-Arazi memeriahkan rangkaian acara pada malam hari itu. 

Acara bersholawat ini adalah salah satu acara yang dilombakan oleh divisi Kesantrian Pusat Ma’had Al-jami’ah dan bertujuan untuk mengapresiasi bakat Mahasantri dalam bidang keagamaan. Mahasantri menyambut acara ini dengan penuh antusias. Saut suara Mahasantri yang menggema mengiringi alunan sholawat. Tidak hanya pembacaan maulid diba’i, adanya penyampaian kultum tentang keistimewaan bulan Rojab oleh Romli salah satu Mahasantri Ar-razi membuat acara ini semakin komplit.

Meskipun suasana gerimis mulai sore hari, tidak menjadi penghalang untuk terus melanjutkan acara tersebut, antusiasnya luar biasa banget untuk ukuran Mahasantri sejumlah ini, meskipun dalam kuantitas jumlah Mahasantri tetap kalah dibanding dengan kampus satu. Apalagi yang menyampaikan khitobah dari adek-adek Mahasantri, materi yang terstruktur rapi, cara penyampaiannya juga bagus. Sebenarnya acara festival sholawat ini adalah salah satu momentum untuk belajar, pembiasaan, dan pengenalan tradisi bahwasannya pembacaan sholawat itu penting, dan sebagai media untuk lebih mensyiarkan dalam mentradisikan sholawat nabi kepada Mahasantri.

Leave a Reply