MA’HAD AL-JAMI’AH AL-ALY GELAR PELATIHAN SOFTWARE MAKTABAH SYAMILAH

On 19/11/2019 by Agus Cahyo

Jurnalis Ma’had al-Jami’ah al-Aly.- Dalam rangka meningkatkan skill keilmuan Mahasantri, Ma’had al-Jami’ah al-Aly kembali mengadakan kegiatan bulanan. Kali ini kegiatan berupa pelatihan software Maktabah Syamilah. Kegiatan ini digelar pada Kamis, 7 November 2019 di Aula Muhasibi. Kegiatan ini diikuti oleh semua Mahasantri Ma’had al-Jami’ah Al-Aly kelas 1 dan kelas 2.

Pelatihan ini bertujuan untuk memudahkan para Mahasantri untuk mengambil rujukan dari kutub al-turats al-mu’tabarah dalam cangkupan yang luas, mengingat perpustakaan yang masih terbatas kitabnya untuk dijadikan rujukan. Software ini biasa digunakan oleh Mahasantri untuk mencari ibaroh (teks kitab) ketika ada musyawarah kitab maupun Batsul Masail. Keunggulan software Maktabah Syamilah yang dijadikan pelatihan ini adalah adanya kumpulan rumusan dan hasil Bahtsul Masail dari tahun ke tahun, sehingga memudahkan pencari untuk mengetahui pembahasan yang pernah dibahas dengan berbagai rujukan yang disebutkan.

Pelatihan ini diisi oleh Muhammad Fashihuddin, Ketua Umum Mahasantri Ma’had al-Jami’ah al-Aly, dengan beberapa materi, antara lain:

  1. Pengenalan dasar tentang software Maktabah Syamilah
  2. Fungsi dan cara pemakaian software Maktabah Syamilah
  3. Penggunaan software Maktabah Syamilah dalam mencari referensi dari berbagai tema; fiqh, ushul fiqh, tafsir, ulumul qur’an, ulumul hadits, syarah hadis, dll.
  4. Cara memberi catatan (ta’liq) pada teks yang kurang tepat dalam Maktabah Syamilah
  5. Metode takhrij hadis menggunakan software Maktabah Syamilah
  6. Cara import-export berbagai kitab terupdate
  7. Cara mencari rumusan Bahtsul Masail yang telah dibahas
  8. Model peulisan footnote dan daftar pustaka dalam karya ilmiah lewat software Maktabah Syamilah.

Adapun versi software Maktabah Syamilah yang disediakan oleh pemateri ada 2 versi: 1) versi 3,64 dengan ukuran 20 GB disertai kumpulan rumusan dan hasil Bahtsul Masail dan 2) versi 3,65 dengan ukuran 64 GB disertai akses pdf dari kitab asli. Para mahasantri tentunya boleh memilih sesuai dengan kapasitas yang mencukupi di laptop masing-masing.

“Pelatihan ini sangat menarik. Begitu juga pemateri yang bisa membimbing peserta dalam mengoperasikan Maktabah Syamilah dengan berbagai tips dan teknik khusus, mulai dari pemula maupun yang sudah menguasai. Tentunya ini sangat berfaidah bagi teman-teman mahasantri, mengingat banyaknya berbagai masalah yang dihadapkan kepada kita yang menuntut untuk mencari ibaroh dari kutub al-turats al-mu’tabarah sebagai referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Kami berharap pelatihan ini tetap diadakan untuk generasi mahasantri yang akan datang.” Ujar M. Rohmat Hidayat usai pelatihan.

Pelatihan ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh para mahasantri dan berharap agar diadakan lagi bagi mahasantri angkatan mendatang, terutama semakin baik dan bijak dalam pengambilan rujukan dari kutub al-turats al-mu’tabarah. (M. Subkhi Lainuis)

Panduan Maktabah Syamilah bisa di download disini

Leave a Reply