Monitoring and Evaluation (Monev) Pusat Ma’had Al-Jami’ah 2019

On 10/01/2019 by admin

Pada tanggal 4 Januari 2019, telah terlaksana agenda Monitoring and Evaluation (Monev). Agenda ini bertujuan untuk meninjau and mengevaluasi program-program di Pusat Ma’had Al-Jami’h. Agenda yang diikuti oleh Mudir, para pengasuh, staff beserta Murabbi/ah ini dilaksanakan di Hotel Quin’s Colombo, Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan Monev, pukul 08.00 WIB, para peserta mengunjungi Universitas Gajah Mada(UGM) untuk mempelajari manajemen di kampus tersebut. Para peserta disambut dengan sangat hangat oleh pihak kampus. Antusiasme peserta saat tukar pikiran dan berbagi pengalaman membuat pertemuan tersebut terasa lebih hidup. Banyak ilmu tentang manajemen kampus yang dapat diterapkan di Ma’had UIN Malang. Pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian cindera mata dari kedua pihak.

Monitoring and Evaluation (Monev) dilaksanakan pukul 19.00 WIB di Hotel Quin’s Colombo. Dalam agenda ini, para Murabbi/ah yang mewakili masing-masing divisi (Divisi Bahasa, Divisi Taklim al-Qur’an, dst) memaparkan program-program yang telah terlaksana kurang lebih satu semester dan menganalisanya dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat). Program-program dari setiap divisi dianalisa kekuatan, kekurangan, kelebihan dan ancamannya sehingga para Murabbi/ah dapat melihat bagaimana suatu kegiatan bisa terlaksana secara efektif atau tidak.

Selain itu, para pengasuh juga memberikan masukan dan saran untuk setiap divisi atau program yang masih memiliki kekurangan. Banyak sekali masukan dan saran dari para pengasuh yang sangat bermanfaat. Dari semua evaluasi ini didokumentasikan agar dapat benar-benar dapat diterapkan di kemudian hari. Harapan Mudir dari agenda ini agar program-program di Pusat Ma’had Al-Jami’ah berjalan efektif, memiliki kualitas yang bagus dan Ma’had UIN Malang menjadi contoh untuk Ma’had lain.

Berkunjung ke Universitas Gajah Mada(UGM) untuk Sharing mengenai ilmu management

Monitoring and Evaluation (Monev) di Hotel Quin’s Colombo

 

Comments are closed.