3 UPKM di MSAA ADAKAN ACARA PENYAMBUTAN ANGGOTA

On 19/09/2018 by admin

El-Ma’rifah- Setelah open recruitment anggota baru semua unit pengembangan kreatifitas mahasantri (UPKM) Pusat Ma’had Al-Jami’ah, yang meliputi tiga UPKM yakni JDFI, El-Ma’rifah, dan Halaqoh Ilmiah. Masing-masing UPKM tersebut mengadakan sebuah pendidikan dan pelatihan yang ditujukan kepada seluruh anggota masing-masing UPKM dengan mendatangkan pemateri yang luar biasa pada bidangnya. Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan anggota UPKM. Dengan diklat peserta langsung terjun langsung sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi mereka tidak disuguhi dengan teori saja. Akan tetapi lebih ke terapannya.

Kegiatan diklat ini, diawali dengan “Grand Opening” UPKM JDFI (9/9), yang diketapeli oleh Kak Rizal pengurus UPKM ini, yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB di gedung D UIN Malang. Acara ini dihadiri oleh anggota baru, seluruh pengurus JDFI, Ketua UMUM UPKM yakni Ustadz Syauqillah, Pengasuh bidang Kesantrian yakni Ustadz Gufron Hambali, dan Alumni anggota JDFI.

Acara ini diawali dengan penampilan Al-Banjari, selanjutnya dipandu dengan pembawa acara yaitu kak Husnan dan Kak Kholid selaku pengurus UPKM JDFI. Kemudian acara dilanjut dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh kak Dewi, dilanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan, langsung disusul dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari ketua pelaksana, yang kedua dari Ketua JDFI, dilanjut dengan sambutan dari Ketua Umum dan pengasuh bidang kesantrian. Dan dilanjutkan dengan materi pertama yang bertemakan Peran JDFI di Ma’had yang dimoderatori oleh Kak Dalila, materi yang kedua dimoderatori oleh Ustadzah Mar’atus dengan tema peran penting JDFI di masyarakat luas. Dan yang terakhir adalah penutup.

Tak kalah meriah, UPKM Halaqoh Ilmiah dan UPKM El-Ma’rifah mengadakan acara pendidikan dan latihan (11/9). Acara UPKM Halaqoh Ilmiah diberi nama “Ta’aruf Halaqah Ilmiyah” yang dimulai pagi hari sampai siang hari, Pembukaan dihadiri Murabbi/ah, pengasuh, BPH UPKM lain sama seperti pembukaan diklat UPKM JDFI. Materi yang disampaikan untuk dikalat UPKM HI ini ada tiga materi, yang pertama ke HI an oleh ustadz Didin murabbi Ar-Razi, kemudian Pengenalan pengurus oleh ketua UPKM HI yaitu saudara Nanda, dan Pengenalan divisi oleh pengurus divisi Motivasi oleh saudara Ghufron. Diakhiri dengan Kumpul perdivisi.

UPKM El-Ma’rifah juga tak kalah dengan UPKM lain. UPKM ini menyelenggarakan seminar dan diklat untuk anggota barunya (11/9). Acara UPKM El-Ma’rifah, sama seperti UPKM yang lainnya. Pembukaan diklat dihadiri oleh Murobbi/ah, Pengasuh, dan BPH UPKM lain. Diklat UPKM El-Ma’rifah dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai sore hari pukul 15.00 WIB. Acara diklat UPKM ini diawali dengan adanya seminar “Galang Inovasi dengan Semangat Literasi” yang dinarasumber i oleh Siti Fatimatuz Zahroh dan dilanjut dengan pengenalan sejarah UPKM El-Ma’rifah yang dijelaskan oleh kak Fadlullah selaku alumni anggota El-Ma’rifah. Kemudian dilanjut dengan materi perdivisi masing-masing. Diakhiri dengan penugasan untuk anggota baru UPKM El-Ma’rifah. Tak cukup dengan diklat, UPKM El-Ma’rifah mengadakan Outbound (15/9) yang dihadiri oleh seluruh murabbi-murabbiyah MSAA, Ketua Harian UPKM MSAA, alumni UPKM El-Ma’rifah. Acara yang diselenggarakan dalam rangka menyambut anggota baru El-Ma’rifah dan HUT El-Ma’rifah ini, sangat antusias diikuti oleh Anggota, pengurus, dan para Tamu Undangan. Acara yang dimulai pada pukul 13.00 dan diakhiri pada pukul 16.45 WIB ini diselenggarakan di halaman gedung B, tepatnya di dekat tangga besar UIN Malang. Dengan cabang 5 cabang lomba, acara ini diselenggarakan, ada lomba cari nafkah, estafet tepung, water moving, Perang sarung dan Cari jodoh. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan Majalah penugasan per kelompok, dan ditutup dengan do’a serta makan bersama./Snt/

 

Comments are closed.