MSAA ADAKAN PLACEMET TEST PENEMPATAN KELAS TA’LIM MA’HAD

On 21/08/2018 by admin

Senin (20/08/18), Pusat Ma’had al-jami’ah menyelenggarakan placement test yang bertempat di setiap mabna, placement test ini ditujukan mahasiswa baru dengan menguji mahasiswa dalam berbagai mata ujian ta’lim, seperti ta’lim bahasa (Arab dan Inggris), ta’lim Al-Quran dan ta’lim Al-Afkar Al-Islamiyah. Masing-masing soal berjumlah 50 butir dan merupakan soal pilihan ganda. Selain Placement test untuk mata kuliah bahasa dan keta’liman, diselenggarakan pula tes tashih Al-Quran yang dipromotori oleh para Mushohih/ah  yang sudah bergelar hafidz/ah Al-Quran.

“Placement test ini diadakan untuk menyaring tingkat kemampuan setiap mahasiswa baru dalam bidang bahasa dan bidang keta’liman serta tingkat keafsahan dalam membaca Al-Quran. Hasil placement test ini akan diumumkan pada hari jumat (24/08) dalam bentuk per-kelas digolongkan dari mulai kelas Ali (mahir) sampai kelas yang masih pemula, dan nantinya akan dibimbing oleh mu’allim/ah serta musyrif/ah selaku pengurus ma’had untuk meningkatkan kemampuan bilingual dan keafsahan mereka dalam membaca Al-Quran”, Penjelasan Ustadz Afif selaku panitia penyelenggara placement test.

Acara yang dipandu oleh musyrif-musyrifah ini diikuti dengan sangat serius oleh para mahasantri MSAA. “Placement test ini sangat membantu untuk menyaring setiap kemampuan mahasiswa baru, saya percaya ini demi kemajuan saya dan setiap mahasiswa baru di Universitas ini. Dengan adanya placement test ini, saya bisa bertemu dengan orang-orang yang kemampuannya lebih baik dari saya. Dengan begitu, secara tidak langsung akan memunculkan rasa fastabiqul khoirot dalam mencari ilmu” Ujar Zaki, mahasiswa yang menempati mabna Ibn Rusyd. Dengan diadakannya placement test ini akan menjadi langkah awal untuk ma’had yang berlandaskan ulul albab./Za/

Comments are closed.