THE 4TH NATIONAL BILINGUAL WORKSHOP LANGUAGE MOTIVATION

On March 13, 2017 by admin

Sabtu, 11 Maret 2017, Pusat Mahad Al-Jami’ah UIN Maliki Malang kembali mengadakan workshop dua bahasa tingkat nasional yang keempat. Workshop yang masih termasuk dalam rangkaian kegiatan Gebyar Bahasa kali ini mengalami keberhasilan. Pasalnya, workshop yang bertemakan “Language Motivation: Bigger Dream, Faster Action” ini berhasil diikuti oleh lebih dari 500 orang peserta yang terbagi menjadi 10 kelompok. Selain itu, acara ini disiarkan secara langsung melalui website resmi Mahad Sunan Ampel Al-Ali.

Acara yang diselenggarakan di auditorium gedung rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang lantai lima ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Workshop ini mendatangkan pembicara Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc. M. Ag., selaku Ketua Program Studi Magister PBA Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Akbar Zainudin, seorang penulis buku “Man jadda Wajada” dan “Sukses Berawal dari Pesantren” sekaligus motivator Indonesia.

Acara diawali dengan sambutan dari Dr. H. Isyroqunnajah, M. Ag. selaku Mudir Mahad Sunan Ampel Al-Ali. Selanjutnya acara diisi oleh pemateri pertama Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc. M. Ag. yang menyampaikan materi tentang ممارسات عربية: الشجاعة والدافعية. Beliau menyampaikan bahwa bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mampu dikuasai melalui proses pembelajaran, praktik, serta lingkungan yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa tersebut. Adapun kunci sukses dalam mempelajari bahasa asing adalah keberanian dan kepercayaan diri dalam mempraktikkan bahasa tersebut serta mempraktikannya mulai dari sekarang.

Akbar Zainudin, selaku pemateri kedua menyampaikan beberapa materi yang memotivasi para peserta untuk menjadi sukses bukan saja dalam menguasai bahasa, namun juga sukses dalam segala bidang kehidupan. Penyampaian materi dengan dua bahasa yang diselingi permainan dan interaksi aktif dengan para peserta membuat suasana workshop menarik. Beberapa peserta yang aktif maju mengikuti instruksi dari pemateri pun berhasil mendapatkan hadiah mulai dari stiker, tanda tangan dan foto bersama, serta ada pula peserta yang mendapatkan buku karangan beliau secara gratis.

Workshop ini dimeriahkan oleh penampilan dari tim tari MSAA dan vokal performance dari tim MSAA yang menyanyikan lagu-lagu berbahasa arab dan berbahasa inggris. Panitia workshop juga mengadakan 5 kategori lomba antar kelompok yang dinilai selama acara workshop berlangsung, di antaranya adalah grup terunik dan grup terheboh. Selain itu juga terdapat lomba selfie di photo booth yang telah disiapkan panitia. Lomba ini bisa diikuti oleh peserta maupun panitia. Para pemenang lomba pun diumumkan di akhir acara workshop.

Comments are closed.