PENUTUPAN MANASIK HAJI 2016

On October 11, 2016 by admin

IMG_0527 IMG_0557Setelah sosialisasi Manasik Haji 2016 yang dilaksanakan pada hari sabtu 08 Oktober, tibalah saat dimana semua juara akan diumumkan. Acara penutupan sekaligus pengumuman MANHAJ 67′ dilaksanakan pada hari jum’at pagi 14 oktober 2016 setelah pembacaan wirdul latif di masjid.

Sekitar 3000 lebih mahasantri memadati lapangan utama UIN Maliki Malang untuk menyaksikan bersama-sama pengumuman pemenang dan penutupan tersebut. Dari 10 mabna yang hadir, semuanya sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan yel-yel dan jargon yang mereka teriakkan secara bergiliran ketika dipanggil oleh pembawa acara.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al Qur’an oleh Roy Jauhar Rofif,  dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua pelaksana MANHAJ yaitu Dr. H. Mujaid Kumkelo, M.HI, beliau menyampaikan Pertama, atas nama “amirul haj” beliau berterima kasih sedalam-dalamnya kepada segenap jama’ah haji dan semua panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan ini, dan beliau sangat senang dan lega karena bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar jama’ah haji MSAA. Kedua, harapan dan doa beliau semoga seluruh peserta manasik ini menjadi haji yang mabrur. kemudian sambutan yang kedua sekaligus menutup acara MANHAJ oleh H. Ghufron, S.Ag, M.HI. dan diakhiri dengan do’a.

Tiba saat dimana pengumuman sang juara, berbagai juara dari masing-masing lomba telah diwakili oleh balon-balon berbagai warna, para juri telah memutuskan untuk yang menjadi Bintang dari MANHAJ ini adalah Mabna Ibn Sina (juara 1 putra) dan Mabna Ummu Salamah (juara 1 putri), sedangkan juara 2 diraih oleh Mabna Ibn Khaldun dan Mabna Asma’ Binti Abi Bakar.

Isnan Mabrur, salah satu peserta MANHAJ mengatakan bahwasanya dia sangat senang telah mengikuti sosialisasi manasik haji ini disamping mendapatkan ilmu yang belum ia dapatkan sebelumnya, dia juga mendapatkan bekal untuk ke Makkah yang sebenarnya, seperti halnya slogan “sekarang di UIN, kelak di haramain”. (fd)

Comments are closed.