THE OPENING OF EXMA ‘67 Mabna USA & ABA

On September 18, 2016 by admin

Mabna Ummu Salamah dan Asma’ Binti Abi Bakar ‘67Exma Adalah kegiatan ekstra kurikuler mabna yang diadakan oleh setiap mabna di lingkungan Ma’had Sunan Ampel Al-Aly. Kegiatan ini dihandle langsung oleh para musyrif/ah di mabna masing-masing untuk mewadahi bakat dan minat mahasantri di bidangnya masing-masing dengan dilindungi oleh para murabbi/ah sebagai penasehat.

Setiap tahunnya, kegiatan ini dibuka resmi secara seremonial di tiap mabna di MSAA. seperti pada hari Jum’at, 16 September 2016, mabna Ummu Salamah atau seringkali disebut mabna pink mengadakan acara pembukaan Exma ini dengan tema acara “DOTS” :Diamond of the Supergirls In USA, menggambarkan karakter para penghuni mabna Ummu Salamah sebagai sosok wanita tangguh dengan sejuta kilaunya bak batu permata. Acara ini dibuka langsung oleh Pengasuh mabna Ummu Salamah, Ust. H. Gufron Hambali, M.HI. Adapun Exma di mabna Ummu Salamah meliputi: Qiro’ah, Tari, Shalawat al-Banjari, dan Design.

Acara ini diisi dengan penampilan-penampilan spektakuler  dari para musyrifah mabna Ummu Salamah dari lantai 1 sampai dengan lantai 4, tentunya dengan konsep panggung yang luar biasa menyulap asri pemandangan di mabna Ummu Salamah. Pun juga mengundang murobbi/ah beserta CO divisi Kesantrian dari tiap mabna di MSAA.IMG-20160919-WA0017

Pada Sabtu, 17 September 2016, disusul oleh mabna Asma’ Binti Abi Bakar, mabna kuning yang juga mengadakan acara pembukaan Exma seremonial di mabna. Acara pembukaan Exma mabna Asma’ Binti Abi Bakar ini memakai tema “BIMASAKTI” (Brilliant Mahasantri of Asma’ Binti Abi Bakar), yang merupakan do’a terbaik bagi para penghuni mabna Asma’ Binti Abi Bakar agar senantiasa menjadi insan yang cerdas dalam setiap tindakan dan langkah yang dipilihnya. Acara ini dibuka lansung oleh Pengasuh mabna Asma’ Binti Abi Bakar , Ust. Dr. H. M. Aunul Hakim, M.H. dengan meletuskan lima balon sekaligus sebagai simbolik exma di mabna Asma’ Binti Abi Bakar meliputi lima kegiatan Exma, yaitu: Qiro’ah, Musik, Shalawat al-Banjari, Kerta (kerajinan tangan), dan Tari. Beliau bertutur, “Kegiatan Exma ini diharapkan bisa mengembangkan bakat juga minat mahasantri di bidang yang disenanginya. Selain itu juga untuk memicu semangat mahasantri untuk selalu memprioritaskan kegiatan Inma meliputi Ta’lim Bahasa, Ta’lim Qur’an, dan Ta’lim Afkar. Agar nantinya ilmu yang diperoleh seimbang antara Exma dan Inma.”

Acara ini diisi oleh penampilan-penampilan terbaik para musyrifah mabna Asma’ Binti Abi Bakar yang merupakan sketsa lima Exma Aba ’67 yang telah disebutkan di atas. Keunikan dan keelokan dekorasi panggung “BIMASAKTI” mengisyaratkan kemegahan alam semesta yang terdiri dari sembilan planet, salah satunya planet Bumi dengan galaksinya, galaksi Bimasakti. Bahwasanya satu planet telah mampu memenuhi kebutuhan manusia, apalagi milyaran galaksi yang ada di alam semesta.

Tak lupa, acara pembukaan Exma mabna Asma’ Binti Abi Bakar ini dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari murobbi/ah, Sekbend, dan CO. divisi Kesantrian dari masing-masing mabna di MSAA. “Sungguh luar biasa, seperti dekorasinya, sentral utama “BIMASAKTI” adalah matahari yang menyinari alam semesta ini. Jadi harapan kami untuk ABA semoga bisa menyinari semuanya, khususnya yang ada di ma’had tercinta ini.” Tutur salah satu tamu undangan, Ustadzah Iqomatu Nauvi Khuluq, S.PdI, selaku murabbiyah mabna Fatimah Al-Zahra.(FKR)IMG_0726

Comments are closed.