SEMARAK MUFI 2

On March 10, 2016 by admin

El-Ma’rifah –  Musabaqah Funuun Islami (MUFI) merupakan acara  yang baru saja diselenggarakan oleh UPKM JDFI.  Setelah sukses menyelenggarakan MUFI pertama pada 2015 lalu, UPKM JDFI kembali menghadirkan MUFI 2 dengan  bertajuk “ Bersyi’ar dan Berkarya Melalui Seni Islami”, Lomba tingkat SMA/MA sederajat se-Jawa-Bali  ini sukses dilaksanakan pada hari sabtu lalu (5/3). Pada MUFI 2 kali ini, panitia memberikan 5 pilihan lomba, yaitu MTQ, MSQ, Kaligrafi, Pop Islami, dan musikalisasi hadits. Empat diantaranya diikuti oleh tingkat SMA/MA sederajat, sedangkan untuk lomba musikalisasi hadits diikuti oleh mahasantri maupun musyrif/ah dari Pusat Ma’had Al-Jami’ah.

Lomba yang dibuka pada jum’at malam (4/3) ini  berhasil menyedot banyak peserta dari berbagai sekolah maupun pondok pesanten setingkat SMA/MA se Jawa-Bali. Ada sekitar  40 sekolah dan pondok pesantren yang berpartisipasi pada gelaran MUFI 2 kali ini. Tak hanya itu, pada pembukaan MUFI yang dilaksanakan di aula gedung c lantai 3, juga berhasil menarik antusias para mahasantri Pusat Ma’had Al-Jami’ah dan Staff Ma’had pasalnya pada acara pembukaan MUFI yang dilaksanakan sekitar pukul 19.00 WIB ini, panitia menyediakan berbagi door prize menarik untuk para penonton yang hadir pada pembukaan MUFI malam itu.

Esok harinya (5/3), sekitar pukul 08.00 WIB seluruh cabang lomba serentak dilaksanakan di berbagai tempat yang menyebar di sekitar kawasan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Terlihat antusiasme para peserta lomba, pasalnya mulai pagi hari sebelum pukul 08.00 WIB, sudah nampak para peserta yang mulai berdatangan di lokasi lomba. Peserta dari kota Blitar salah satunya, yang sudah datang di tempat lomba sekitar pukul 07.00 WIB. Ketika diwawancara, peserta dari kota Blitar ini mengaku sangat optimis dapat merebut juara pada gelaran  MUFI 2.

Sekitar pukul 12.30 WIB, satu per satu lomba telah selesai dilaksanakan, kecuali lomba kaligrafi. Memang, lomba kaligrafi merupakan cabang lomba dalam MUFI yang memakan banyak waktu. Dimulai dengan waktu yang sama dengan lomba lainnya, lomba kaligrafi diakhiri sekitar pukul 16.00. walupun begitu, peserta lomba diberi waktu untuk istrahat ketika waktu sholat dzuhur dan ashar.

Acara MUFI ditutup dengan pengumuman para pemenang lomba dari lima cabang lomba yang diselenggarakan oleh panitia. Tampak wajah kegembiraan para pemenang lomba, diantaranya pemenang musikalisasi hadits yang berhasil dijuarai oleh mabna Al-Ghazali. Acara penutupan yang bertempat di aula gedung c lantai 3 usai hampir pukul 23.00 WIB.(nad)

Comments are closed.