LOMBA KALIGRAFI DALAM ACARA MADRASAH INTELEKTUAL (MI)

On 05/11/2015 by admin

El Ma’rifah – Dengan Madrasah Intelektual Tingkatkan Spiritual Wujudkan Ulama Profesional merupakan tema sekaligus tujuan diadakannya acara tahunan Madrasah Intelektual. Acara tersebut berisi berbagai macam lomba untuk memperingati Tahun Baru umat Islam yang jatuh pada Bulan Muharram. Salah satu lomba yang mencuri perhatian adalah lomba kaligrafi yang dilaksanakan pada hari Rabu (04/11/2015) bertempat di gedung Halaqah lantai 2, Lomba tersebut berlangsung pukul 20.00-22.00 WIB dan diikuti oleh 9 orang peserta yang masing-masing merupakan perwakilan dari semua mabna yang ada Ma’had Sunan Ampel Al-Aly.

Sebelum lomba dimulai, panitia membacakan setiap peraturan dengan jelas kepada para peserta yang hadir di gedung Halaqah. Para peserta sangat antusias sejak awal dimulainya lomba, karena mereka merupakan orang pilihan dari setiap mabna. “Para delegasi mabna ini dipilih berdasarkan seleksi dari mabna masing-masing” tutur Munajib salah seorang musyrif Ibn Khaldun. Peralatan lomba yang dibutuhkan para peserta seperti cat, kuas, palet, dan lain sebagainya telah disiapkan oleh masing-masing Mabna.

Lomba ini berjalan tertib dan lancar, para peserta mematuhi setiap peraturan yang diberikan oleh pihak panitia. Begitu pun untuk penonton, mereka satu-persatu datang ke gedung Halaqah dengan tertib. Hal ini terlihat ketika selesai PPBA, para mahasantri datang untuk mendukung dan memberikan semangat pada teman-teman mereka yang menjadi peserta lomba kaligrafi. Tujuan diadakannya lomba kaligrafi ini sendiri adalah untuk mengapresiasi sekaligus ajang mengasah bakat mahasantri di bidang seni kaligrafi. Dalam acara ini, dewan juri merupakan orang-orang berpengalaman dan berasal dari luar MSAA.

Juri dari lomba kaligrafi ini berasal dari luar Ma’had Sunan Ampel Al-Aly yang disembunyikan identitasnya untuk menjaga nilai keadilan dalam lomba ini” kata seorang panitia Lomba kaligrafi. Penilaian juri berdasarkan kebenaran penulisan ayat, kepaduan warna, keindahan serta kerapian. Ayat-ayat yang di tulis juga harus merupakan ayat-ayat tentang bulan Muharram. Lomba ini berlangsung selama 2 jam dan penilaian juri dilakukan sehari setelah lomba tersebut dilaksanakan. Maka dari itu, para peserta langsung mengumpulkan hasil karya mereka ke panitia lomba dan meninggalkan gedung dengan tertib saat lomba telah dinyatakan berakhir. (uni)

Leave a Reply