MUSABAQOH SYARHIL QUR’AN (MSQ)

On November 4, 2015 by admin

El Ma’rifah – Muharrom adalah bulan yang mulia bagi umat Islam, di mana pada bulan ini terjadi peristiwa – peristiwa bersejarah dalam islam. Ma’had Sunan Ampel Al-Aly meramaikan bulan mulia ini dengan diadakan acara rutin tahunan yaitu Madrasah Intelektual. Pada acara ini terdapat lomba – lomba yang diikuti oleh para mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al – Aly atau yang biasa dikenal dengan MSAA. Salah satu lomba yang menggetarkan hati para mahasantri adalah Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) yang dilaksanakan Selasa (03/11/15) di Masjid At-Tarbiyah. Diikuti oleh seluruh perwakilan dari masing-masing mabna yaitu 3 orang dalam 1 Tim. Acara tersebut dimulai setelah perkuliahan PPBA pada pukul 20.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Diadakannya acara ini bertujuan untuk mengasah kemampuan serta menambah wawasan para mahasantri MSAA dalam hal syarhil qur’an, dan juga meningkatkan solidaritas antar mabna.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba ini. Dimulai dengan penampilan pertama dari perwakilan mahasantri mabna Ibn Rusyd yang pastinya mendapat banyak dukungan dari Mahasantri Mabnanya. Dilanjutkan oleh mabna Fatimah Az-Zahra, kemudian mabna Ibnu Sina, mabna Ummu Salamah, mabna Al-Farabi, mabna Asma’ Binti Abu Bakar, mabna Al-Gazaly, mabna Khodijah Al-Kubra dan terakhir mabna Ibn Khaldun.

Tema yang disampaikan masing – masing perwakilan mabna pun beragam diantaranya yaitu berbekal kesabaran iman di era modern tahun baru islam, keutamaan bulan Muharam dengan berlandaskan Islam, rekonstruksi cover muda dengan semangat hijrah dan lain sebagainya.

“Semua hampir 100% luar biasa bagus akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah dalam hal hafalan dan ingatan saudara tentang apa yang harus diucapkan“, komentar salah satu juri pada malam itu. Acara diakhiri dengan bacaan do’a Kafarotul Majelis yang dipimpin oleh pembawa acara dan sesi foto bersama antara peserta, juri serta panitia MSQ. (rfa)

Comments are closed.