UTS MAHAD SUNAN AMPEL AL-ALI

On October 29, 2015 by admin

El- Ma’rifah – Mahad Sunan Ampel Al-Ali, pada Tahun Ajaran 2015/2016, menerima lebih banyak mahasantri dari tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan minat masyarakat terhadap UIN Maulana Malik Ibrahim Malang semakin meningkat. Tapi walaupun begitu, Ma’had sebagai pencetak generasi yang mempunyai keagungan akhlaq dan kedalaman spiritual, tidak mau kehilangan kualitas mahasantrinya. Salah satu upaya yang dilakukan Ma’had untuk meningkatkan kualitas mahsantrinya yaitu dengan memberikan Ujuan Tengah Semester (UTS), dimana UTS yang dilaksanakan bukan hanya ujian tulis, tapi juga ujian monitoring atau ujian lisan. Ujian yang dilaksankan serentak oleh seluruh Mabna di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali ini mulai tanggal 28-29 Oktober 2015 ini mengujikan materi-materi yang diajarkan di Ma’had. Yaitu, ujian ta’lim bahasa, yang terdiri dari ta’lim Bahasa Inggris dan ta’lim Bahasa Arab, ta’lim Qur’an dan juga Ta’lim Afkar. Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan tepat ba’da Shalat subuh ini bersifat wajib bagi seluruh Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Ali.

Walupun UTS di Ma’had dilaksanakannya bertepatan dengan UTS PPBA, tapi para mahasantri terlihat antusias mengikuti ujian ma’had maupun ujian PPBA. Ujian Tengah Semester tahun ini dilaksanakan lebih ketat dari sebelumnya, mengingat jumlah mahasantri yang semakin banyak, Ma’had tidak mau asal-asalan dalam menyelenggaran Ujian Tengah Semester. Ujian tulis dilaksanakan dengan sederhana, dimana para mahasantri mengerjakan soal ujian di Aula Mabna masing-masing. Yang dilaksanakan pada pukul 04.30 WIB s,d 06.00 WIB bertepatan pada waktu Sobah Al-Lughoh.

Sementara itu untuk ujian lisan ta’lim bahasa, para mahasantri melakukannya bersama tutor mereka masing-masing. Dan untuk ta’lim Qur’an dan ta’lim afkar, mereka melakukan monitoring bersama pendamping kelas mereka masing-masing. (nad)

Comments are closed.