BUKAN SEKEDAR NGAJI

On 22/09/2015 by admin

Ngaji mingguan yang diperuntukkan musyrif/ah Ma’had Sunan Ampel Al-ali, merupakan program mingguan dari devisi ta’lim afkar. Tapi pada acara ngaji ini, bukan saja musyrif/ah saja yang datang, ada juga muallim/ah dan alumni musyrif/ah. Sebenarnya kegiatan ini diadakan adalah untuk men-charge pengetahuan para musyrif/ah Ma’had Sunan Ampel Al-ali tentang kitab Nashoihul ‘ibad , tapi selain itu adalah untuk mempererat kekompakan dan juga mempererat tali silaturrahmi sesama keluarag besar Ma’had Sunan Ampel Al-ali.

Pengajian kitab Nashoihul ‘ibad  (nasehat-nasehat ibadah) yang dipimpin langsung oleh Dr. H. Akhmad Muzakki, MA ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada musyrif/ah dalam bidang ubudiyah, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan para musyrif/ah bisa berbagi ilmu kepada para mahasantri  di Ma’had Sunan Ampel Al-ali. Hal ini merupakan upaya ma’had untuk mencetak generasi yang mempunyai keagungan akhlaq dan kedalaman spiritual.

Setelah ngaji kitab Nashoihul ‘ibad  bersama Dr. H. Akhmad Muzakki, MA – salah satu pengasuh di Ma’had Sunan Ampel Al-ali berakhir, para musyrif/ah punya tradisi unik, yakni talaman. Talaman merupakan tradisi pesantren, talaman sendiri berarti makan bersama dalam satu talam. Meskipun demikian, talam antara musyrif dengan musyrifah tetap dibedakan.

Leave a Reply