Tingkatkan Hablumminannas Melalui Mahabharata

On November 10, 2014 by admin

El-Ma’rifah – Bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1436 H (3/11), mabna Ummu Salamah mengadakan acara santunan dan buka bersama anak yatim yang bertempat di aula lantai 2 untuk memperingati datangnya bulan Muharram. Beberapa anak yatim juga turut dihadirkan dalam acara bertajuk Mahabharata ini. Seluruh penghuni mabna Ummu Salamah tak canggung bercengkrama dengan para anak yatim yang hadir saat itu.

            “Muharram merupakan salah satu di antara 4 bulan yang mulia. Selain itu, puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Pahala puasa Muharram dapat meleburkan dosa-dosa yang telah berlalu. Anjuran lain di bulan Muharram yaitu memperbanyak berbuat baik, terutama shadaqah.” Itulah sedikit kutipan yang disampaikan oleh Ustadz Gufron Hambali dalam sambutannya. Acara santunan dan buka bersama anak yatim ini memang sengaja diadakan untuk menyambut datangnya bulan Muharram. Seperti yang diketahui bahwa dalam bulan pertama pada tahun Hijriyyah ini memang terdapat anjuran untuk saling berbagi dan bershadaqah, terutama menyantuni anak yatim. Sehingga, kesempatan ini tidak dilewatkan oleh mabna Ummu Salamah untuk saling berbagi dan mengadakan buka bersama anak yatim yang berasal dari sekitar Desa Merjosari.

             Para panitia mengangkat tema Mahabharata dalam acara santunan dan buka bersama ini. “ Kan Mahabharata itu singkatan dari Muharram Berbagi Rasa Antarsesama. Selain itu, kita menggunakan kata Mahabharata karena film Mahabharata memang sedang booming di Indonesia,” jelas Ika .S. Rini, ketua panitia acara.

            Acara pada hari itu dibuka dengan penampilan dari tim Al-Banjari mabna Ummu Salamah dan pembacaan Qiro’ah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia, murabbiyah, dan Ustadz Gufron Hambali. Puncak dari acara ini ditandai dengan pembagian santunan kepada para anak yatim yang datang. Buka bersama menjadi agenda penutup pada acara ini.

                  Bagi Ika .S. Rini, mengadakan acara semacam ini merupakan kebahagiaan tersendiri. Melalui acara ini, musyrifah yang akrab disapa Uni Rini ini berharap dapat mempererat hubungan antarpenghuni mabna Ummu Salamah, mulai  dari murabbiyah, musyrifah, hingga para mahasantri. Adanya acara ini sekaligus juga diharapkan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. (lna/Syaf)

Comments are closed.