Khatm Al-Qur’an Pusat Ma’had Al-Jami’ah

On August 31, 2014 by admin

Malam ini (28/8) kemeriaha dan kekhusuyukan Khatm Al-Qur’an yang menggema di gedung Jendral Muhammad Soeharto atau lebih dikenal dengan Sport Center (SC).

Diawali dengan senandung Maulid Al-Rasul yang dilantunkan teman-teman musyrif sambil menunggu kedatangan mahasantri dan pengasuh ma’had. Kemudian dilanjutkan khatmil kubro yang dibuka oleh Dr. H. M.Aunul Hakim, M.Hi dan lantunan kalimah illahi menggema menembus keheningan malam penuh keberkahan ini.

Dalam khatmil ini, mahasantri diharuskan untuk membaca 1 juz Al-qur’an yang sebelumnya telah dibagi di mabna (asrama-red) masing-masing. Dan Muhammad Nasrul Fariq mendapat kesempatan untuk memimpinnya dengan membacakan juz 30 dengan suara yang memanjakan telinga yang mendengarnya.

30 menit kemudian, khatmil Qur’an selesai dan doa dibacakan oleh Dr. H. Badruddin Muhammad, MHI. Dilanjutkan dengan mauidoh hasanah oleh Ustadz Akhwan Nur, Dosen UIN Maliki yang mengupas seputar keutamaan membaca al-qur’an dan rahasia-rahasia agung Ahlul Qur’an.

Ceramah Agama kedua disampaikan oleh KH. Sudirman Nakhrowi M.Ag dari Kota Bondowoso, dalam kesempatan ini beliau sedikit menguraikan tentang al-‘ilm yang terdiri dari kata “I” yang berharakat kasroh yang bermakna bahwa seorang pencari ilmu harus bersedia berjuang dari titik bawah, “lam” yang berharokat sukun yang bermakna seroang pecinta ilmu harus berani mati demi meraih nikmatnya ilmu dan “Mim” yang berharokat yang berarti rofa’ yakni jika telah berusaha dan berdoa mereka akan mendapat kedudukan yang agung di Sisi-Nya dan dihadapan makhluk-Nya.

Selanjutnya sambutan atas nama pimpinan kampus disampaikan oleh Dr. H. Agus Maimun, M.Pd yang mewakili Rektor Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M.Si yang saat ini sedang perjalanan pulang dari Sudan bersama Prof. Dr. Imam Suprayogo.

Dalam kesempatan ini, Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama ini, mengingatkan mahasantri untuk selalu giat belajar dengan tanpa mengesampingkan doa, salah satunya didalamnya khotmil qur’an ini. Dan Insya Allah Ahad besok (31/1) akan diselenggarakan dzikir Akbar bersama Majelis Dzikir Al-Khidmah, yang Insya Allah akan dihadiri oleh Menteri Agama dan ulama’ se-Jawa Timur di Lapangan UIN Maliki.

Dan pukul 21.30 acara diakhiri dengan doa kafaratul majelis dan mahasantri kembali menuju mabna masing-masing karena esok masih harus mengikuti kuliah dan kegiatan-kegiatan ma’had.

Comments are closed.