Khatm Al-Qur’an MSAA (Pusat Ma’had Al-Jami’ah)

On April 1, 2014 by admin

(27/3) Lantunan-lantunan ayat Al-Qur’an yang mengumandangi Gedung Sport Centre UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam Acara Khotmil Al-Qur’an yang rutin dilaksanakan pada hari kamis malam di setiap akhir bulan ini berlangsung lancar. Mabna Ibnu Sina dan Mabna Umu Salamah yang kebetulan piket menjadi panitia dalam kegiatan tersebut sangat luar biasa dalam mempersiapkannya. Dimulai dari menyiapkan tempat sampai dekorasi panggung yang dibuat berbeda dari bulan-bulan yang lalu.

Acara yang belangsung dari pukul 20.00-22.00 WIB ini dimulai dengan penampilan grup sholawat Al-Banjari Mabna Ibnu Sina, membawakan beberapa lagu sholawat yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Diba’iyah sebagai penyambutan pejabat-pejabat  kampus yang memasuki Gedung Sport centre.
Sesuatu yang unik pada khotmil kali ini tampak pada penataan tempat dan panggung yang eksotis dengan adanya hiasan dipanggung dan kolam buatan yang nampak terlihat asli jika dilihat dari kejauhan. Kolaborasi hebat yang ditunjukan oleh kedua mabna yang piket pada khotmil malam itu juga membuat mabna lain berlomba untuk lebih menyemarakkan lagi kegiatan khotmil yang akan datang tidak kalah dengan penataan panggung, tempat dan juga pelaksanaan khotmil pada malam hari itu.
Pembacaan Khotmil Al-Qur’an diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Bapak  Syamsul Ulum, beliau merupakan Dosen Fakultas Tarbiyah. Yang kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah oleh Bapak Agus Syakir, Dosen Fakultas Ilmu Sains dan Teknologi (Saintek) yang menyinggung sedikit tentang  pentingnya membuang sampah. Bagaimana mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan diakhir pembicaraan beliau memaparkan bahwa bagi mahasiswa yang mampu mengumpulkan sampah sebanyak mungkin akan mendapatkan apresiasi dari beliau.
Seusai pelaksanaan khotmil, seluruh musyrif/ah piket dibantu dengan yang lainnya dan dengan bantuan muharrik/ah yang baru saja dilantik turut ikut membantu membersihkan seluruh area gedung student center dari sampah dan membereskanseluruh perlengkapan yang telah dipakai untuk kegiatan khotmil pada malam itu. (Ran/Zaq)

Comments are closed.