Pengembangan Sumber daya Muharik/ah

On March 12, 2014 by admin

(6/04) Setelah para mahasantri selesai melaksanakan jama’ah Shalat Maghrib  berbeda dengan biasanya  mereka langsung menuju ke kelas PPBA masing-masing, malam itu seluruh Mahasantri di Pusat Ma’had Al-Jami’ah bergegas menuju gedung Student Centre untuk menyaksikan prosesi pelantikan “Pengembangan Sumber daya Muharik/ah” Masa Jihad 2014.

Setelah dilakukannya Tes Muharrik/ah di Mabna masing-masing, akhirnya terpilihlah Muharrik/ah sebagai perwakilan Mahasantri yang siap untuk menjalankan tugas seperti halnya seorang musyrif/ah dari masing-masing mabna. Gedung student centre yang biasanya hanya ramai ketika pelaksanaan khotmil quran, berbeda lagi dengan suasana pada malam itu juga ramai dengan riuhnya yel-yel yang disuarakan oleh masing-masing mabna di gedung Student Centre dengan memakai seragam baru kebanggaan masing-masing Mabna.

Prosesi pelantikan dibuka dengan sesi fashion show memperkenalkan seragam masing-masing Mabna yang diperagakan langsung oleh masing-masing perwakilan mabna dengan berjalan dari arah pintu utama gedung Student Centre dan menuju kedepan panggung. Setelah para perwakilan Mabna memperkenalkan seragam kebesaran masing-masing mabna, dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing perwakilan Mabna dan Murabbi/ah masing-masing Mabna, setelah itu bersama-sama menyanyikan lagu terbaru MSAA, yakni “sembilan mabna” diatas panggung.

Setelah itu prosesi pelantikan pun segera dimulai, diawali dengan masuknya pasukan pagar betis dengan membawa bendera merah putih dan bendera MSAA mengawal para Muharrik/ah masuk menuju tempat pelantikan. Setelah seluruh Muharrik/ah menempati tempatnya masing-masing, pasukan pagar betis menaruh kedua bendera kebesaran didepan panggung dan kembali keluar tempat pelantikan.

Prosesi selanjutnya adalah Ikrar yang sebelumnya masing-masing Muharrik/ah dipanggil namanya satu per satu untuk maju menuju keatas panggung. setelah seluruh Muharrik/ah berada ditempat, sebagai peng-Ikrar para Muharrik/ah adalah Dr. H. Aunul Hakim, S.Ag M.HI  salah satu Pengasuh Ma’had. Dengan lantang Ust. Aunul membacakan Teks Ikrar Pengabdian Muharrik/ah dengan diikuti suara bersamaan oleh seluruh Muharrik/ah. Setelah prosesi ikrar selesai, seluruh Muharrik/ah kemudian diberikan kalung secara langsung oleh Murobbi/ah masing-masing yang berbeda warnanya disesuaikan dengan devisinya masing-masing. Suasana haru pun terasa ketika pada Muharrik/ah satu per satu diberikan kalung oleh masing-masing Murobbi/ah.

Dilanjutkan lagi dengan serah terima jabatan dari Muharrik/ah lama kepada Muharrik/ah baru, kemudian para presiden Muharrik/ah baru menyampaikan orasi beruntun diatas panggung yang berisi visi, misi dan tujuan dari Muharrik/ah dalam mengemban tugas selama masih berada di Ma’had.

Spesialnya pelantikkan pada malam hari itu adalah hadirnya bapak Rektor pada malam pelantikan tersebut dan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangganya, bahwa kampus ini bisa menjadi kampus salah satu dari dua kampus yang ditunjuk langsung oleh menteri agama sebagai World Class University(WCU). Salah satu kebanggaan kampus ini sehingga bisa meraih Wolrd Class University adalah adanya Ma’had dikampus ini yang juga memberikan kontribusi besar akan eksisnya kampus ini. Integrasi antara ilmu pengetahuan yang diimbangi dengan keilmuan islam dengan disampaikannya lewat kegiatan-kegiatan yang ada di Ma’had.

Selamat dan sukses kepada seluruh muharrik/ah terpilih, semoga bisa mengemban amanah yang diberikan dan bisa menjadi contoh dan penggerak bagi teman-temannya. (zaq)

Comments are closed.