Ta’aruf Ma’hady

On November 6, 2011 by admin

El Ma’rifah-Dalam rangka mengenalkan ma’had kepada mahasantri baru UIN Maliki Malang, Ma’had Sunan Ampel Al Ali (MSAA) menggelar Ta’aruf Ma’hady (9-13/8). Acara yang berlangsung selama lima hari di Gedung Sport Center tersebut, memuat berbagai macam agenda mulai dari perkenalan dengan para dewan kyai, mushahih dan mushahihah, murabbi dan murabbiyah, serta musyrif dan musyrifah.
Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan berbagai macam kegiatan yang ada di MSAA. Baik itu kegiatan ta’lim, bahasa, maupun kegiatan insidental lainnya. Mahasantri juga dikenalkan dengan tata tertib sekaligus sanksi yang berlaku di lingkungan MSAA. Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan 3 Unit Pengembangan Kreatifitas Mahasantri (UPKM) yang ada di ma’had yaitu Jamiyyah Da’wah wal Fann Al Islamy (JDFI), Halaqah Ilmiah, dan el Ma’rifah.
Dalam acara ini, Isroqunnajah, Mudir Ma’had Sunan Ampel al Ali juga memaparkan tentang urgensi keberadaan ma’had. Ia menjelaskan bahwa ma’had merupakan tempat penanaman spiritual dan pembentukan akhlak karimah mahasiswa. Di tempat inilah mahasiswa dibiasakan untuk shalat berjamaah, dzikir, cinta terhadap al Quran. (ry)

Comments are closed.